Skripsi Teknik Informatika | Tugas Akhir Teknik Informatika | Referensi Skripsi TI Online

Wednesday, July 16, 2008

Topik Bahasan: Matematika Diskrit

Matematika diskrit adalah cabang matematika yang membahas segala sesuatu yang bersifat diskrit (tidak saling berhubungan). Beberapa hal yang dibahas dalam matematika ini adalah teori himpunan, teori kombinatorial, permutasi, relasi, fungsi, rekursif, teori graf, dan lain-lain. Matematika diskrit merupakan mata kuliah utama dan dasar untuk bidang ilmu komputer atau informatika.

Bila anda memiliki pertanyaan mengenai Matematika Diskrit dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.

Contoh topik skripsi teknik informatika yang berhubungan dengan Matematika Diskrit adalah penyelesaian masalah jembatan konigsberg, pewarnaan simpul graf dengan algoritma Welch-Powell, chinese remainder problem, dll.

Klik di sini ... (BARU !!!)
Dapatkan Referensi Skripsi Teknik Informatika Berkualitas (Full Source Code & Teori) dengan Harga yang Sangat Terjangkau !

25 Comments:

  • saya inggin bertanya,yang saya tau matematika diskrit ini berhubungan sekali dengan kriptografi,yang ingin saya tanyakan adalah sebagai apa saja kriptografi memerlukan matematika diskrit,gunanya?
    dan mengapa kriptografi sangat memerlukan fungsi(matematika)?
    tolong dijelaskan secara mendetail?

    By Blogger agathapie, At September 24, 2007 at 9:45 PM  

  • Hello, Widya ...

    Menurut saya, matematika diskrit banyak membahas segala kategori ilmu yang berhubungan dengan matematika dan sifatnya diskrit. Dalam hal ini, kriptografi adalah salah satu aplikasi dari matematika diskrit, karena (seperti yang anda katakan) kriptografi sendiri tidak akan terlepas dari fungsi matematika.

    Kriptografi adalah cabang ilmu mempelajari secara detil bagaimana menjaga sekuritas atau keamanan dari suatu data. Salah satu aplikasinya adalah Enkripsi-Dekripsi. Data yang ingin dirahasiakan disamarkan dengan proses Enkripsi dan menggunakan kunci tertentu. Pihak penerima yang valid kemudian mengembalikan pesan samaran ke pesan asli dengan proses Dekripsi menggunakan kunci yang sama.

    Nah, kriptografi modern tidak akan terlepas dari fungsi matematika karena data yang disamarkan melalui proses enkripsi atau yang dikembalikan melalui proses dekripsi, sebenarnya adalah kode ascii dari karakter pesan (mis: huruf 'A', kode asciinya = 65). Kode ascii adalah angka numerik, sehingga kriptografi membutuhkan fungsi matematika untuk mengacak nilai kode ascii dari sumber pesan menjadi suatu nilai baru. Nilai baru ini adalah kode ascii untuk pesan samaran. Karena telah diacak dengan fungsi matematika, tentunya ketika dikembalikan ke huruf, pesan samaran ini tidak akan bisa terbaca (misalnya: a%&^_.) dan dinyatakan aman, hingga kemudian pihak penerima yang valid mengembalikannya menjadi pesan asli dengan proses dekripsi.

    O ya Widya, di zaman awal-awal ditemukannya kriptografi, ada satu metode kriptografi yang dipakai & tidak membutuhkan fungsi matematika. Metode tersebut dipakai oleh Nazi Jerman pada perang dunia ke-2. Metode ini diterapkan dalam Mesin Enigma yang berbentuk seperti mesin ketik dengan rotor-rotor yang dapat diganti. Rotor berfungsi sebagai kunci dan masing-masing rotor memiliki susunan alphabetnya sendiri2. Cara enkripsinya cukup simple: misalkan anda ketik huruf 'a', rotor-1 mengubahnya menjadi huruf 'z', rotor-2 mengubahnya menjadi huruf 'x', dan seterusnya. Untuk mengembalikan pesan, harus memakai jenis & susunan rotor yang sama. Lebih jelasnya, Widya bisa baca di sini:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_Enigma

    Semoga bermanfaat. Sukses untuk Skripsi Anda ... ^_^

    By Blogger Joni Gozali, At September 24, 2007 at 11:44 PM  

  • This comment has been removed by a blog administrator.

    By Blogger Abu Syaima, At December 24, 2007 at 10:28 AM  

  • Hai, Abdul. Anda menginginkan aplikasi Matematika Diskrit yang seperti apa? Saya punya banyak nich.

    By Blogger Joni Gozali, At December 24, 2007 at 11:29 AM  

  • Pak Tolong kirimin saya contoh aplikasi DES,AES,dan Blowfish..
    Makasih..

    By Blogger trie, At January 12, 2008 at 11:23 AM  

  • u/ Trie, untuk permintaan referensi metode tersebut, silahkan hubungi saya melalui email saya.

    By Blogger Joni Gozali, At January 12, 2008 at 11:39 AM  

  • Sebelumnya terima kasih atas referensi yang sdh diberikan,sbnarnya saya ingin membuat skripsi dengan tema SMS Gateway dgn Visual Basic,tp saya tidak punya bahan dan contoh2 program beserta src codenya yang berkaitan dg SMS gateway.kalo bpk bisa membantu, tlg kirim ke e-mail saya.
    terima kasih....kemurahan hati bpk sgt saya harapkan..... ^_^

    By Blogger Unknown, At February 9, 2008 at 3:46 PM  

  • Hello, Andry. Silahkan hubungi saya melalui email untuk konsultasi lebih lanjut mengenai sms-engine.

    By Blogger Joni Gozali, At February 10, 2008 at 1:14 PM  

  • pak, saya mengambil topik skripsi ttg enkripsi teks dengan rsa. kira- kira bapak bisa membantu saya mengenai referensi metode ini. sama pak, saya minta bayangan implementasi dari enkripsi teks. terima kasih sebelumnya, pak..

    By Blogger imey, At May 8, 2008 at 6:16 PM  

  • Hai, Imey. Semua metode kriptografi, termasuk RSA, selalu menggunakan angka dalam proses enkripsi / dekripsinya. Jadi, teks yang akan anda enkripsi, harus diubah menjadi angka terlebih dahulu untuk bisa dienkripsi. Ingat, bahwa teks adalah huruf yang bisa diubah menjadi ascii code. Dari kode ascii yang sudah berbentuk angka, selanjutnya proses bisa dilakukan, sesuai dengan pemahaman anda mengenai konsep RSA.

    By Blogger Joni Gozali, At May 8, 2008 at 9:14 PM  

  • bpk yang baiksaya membutuhkan judul TA ttg matematika diskrit sebagai bahan pertimbangan bt saya. tolong kirim segera. trims

    By Blogger illa, At July 24, 2008 at 12:07 PM  

  • Hai, Illa. Judul perihal matematika diskrit apa yang anda butuhkan ?

    By Blogger Joni Gozali, At July 25, 2008 at 8:53 AM  

  • pak, saya ingin membuat aplikasi penjadwalan dengan menggunakan pewarnaan graf untuk penjadwalan mata kuliah lengkap dengan dosen jumlah mahasiswa dan kelasnya, dan dibuat dengan web based php, js, mysql apakah ada saran?

    By Blogger Dia, At October 5, 2008 at 10:15 AM  

  • Pak Joni Terima kasih referensi judul dan topik skripsinya,
    untuk topin pewarnaan graf, boleh minta dengan penggunaan algoritma selain Welch-Powell,
    Kalau boleh tau, kenapa pak Joni menggunakan Algoritma Welch-Powell dalam pewarnaan Graf nya..Terima Kasih Jawabanya

    By Blogger Abdul Malik, At October 10, 2008 at 6:56 PM  

  • pak,
    sebelumnya terima kasih atas referensi TA yg bapak berikan .
    sebetulnya saya ingin membuat tugas akhir tentang sistem pakar .
    bapak punya referensi nya tidak??

    By Anonymous Anonymous, At October 11, 2008 at 11:59 AM  

  • Ada berapa banyak algoritma pewarnaan graf?Kalau bisa disebutkan semua nama - nama algoritmanya..
    Makasih atas jawabanya

    By Anonymous Anonymous, At October 15, 2008 at 11:14 AM  

  • saya punya masalah dapat judul sekripsi membuat website dengan menggunakan vb.net. bisakah bantu untuk menjelaskan vb.net sebagai apa dalam membuat sebuah website. terima kasih

    By Anonymous Anonymous, At October 19, 2008 at 4:40 PM  

  • pak..bantu sy mencari topik utk TA dong..sy bingung..
    terima kasih...

    By Anonymous Anonymous, At October 24, 2008 at 8:17 AM  

  • saya mahasiswi semester 7,bentar lagi mau skripsi, tapi masih bingung mau milih judul apa.Tolong pak, bantui saya cari judul skripsi.maunya sistem informasi.kabari secepatnya.Thanks

    By Anonymous Anonymous, At November 19, 2008 at 11:04 AM  

  • hallo pak??

    saya bingung ni mo nentuin judul skripsi....

    bisa ksh ide nggk pak?

    By Blogger Unknown, At January 10, 2009 at 4:45 PM  

  • pak saya abdur rahman. pak saya minta dikirimkan contoh tugas akhir tentang Sistem Informasi (Database / Basis Data) atau tentang web programing , atau ecomerc ,tentang bisnis, mis: pustaka , penjualan buku online

    By Anonymous Anonymous, At January 16, 2009 at 6:58 PM  

  • saya lagi nyari skripsi tentang jaringan saat ini, klo bisa yg tentang mikrotik, kira kira judulnya apa, mohon bantuanya terimakasih

    By Blogger simbah, At January 17, 2009 at 2:01 AM  

  • Hai Pak Gozali...
    Saya DIKA ANDRIAN . . .
    saya baca semua di blog ini, dan saya tertarik pada game ular tangga yang pernah saya baca di blog ini... dengan menggunakan winsock pada VB... saya jadi tertarik untuk lebih dari 2 user... dan aturannya sedikit lebih keren semacam MONOPOLI..
    akan tetapi untuk mendesain game tersebut agar lebih menarik bagaimana ..? apakah vb mampu ???
    dan yang paling penting apakah game ular tangga masih di perbolehkan untuk skripsi ???

    By Anonymous Anonymous, At February 16, 2009 at 2:45 PM  

  • halo pak joni, salam kenal darisaya srie.saya sudah mengirimkan email ke alamat email bapak.tolong dikirimin segera ya pak..makasi b4.

    By Blogger Unknown, At March 2, 2009 at 10:06 AM  

  • Maaf, buat semua pengunjung blog ini, saya tidak sempat membalas semua pertanyaan anda di blog saya, karena kesibukan saya. Sebagian besar sudah menghubungi saya di email dan saya sudah balas. Untuk pertanyaan yang belum dibalas atau ada pertanyaan lain, bisa langsung didiskusikan di email saya: joni.gozali@gmail.

    By Blogger Joni Gozali, At March 17, 2009 at 11:23 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home