Skripsi Teknik Informatika | Tugas Akhir Teknik Informatika | Referensi Skripsi TI Online

Wednesday, July 16, 2008

Sistem Informasi (Database / Basis Data)

Basis data (database) tidak hanya merupakan kumpulan file. Lebih dari itu, basis data adalah pusat sumber data yang caranya dipakai oleh banyak pemakai untuk berbagai aplikasi. Inti dari basis data adalah database management system (DBMS), yang membolehkan pembuatan, modifikasi, dan pembaharuan basis data; mendapatkan kembali data; dan membangkitkan laporan.

Tujuan basis data yang efektif yaitu:
  1. Memastikan bahwa data dapat dipakai di antara pemakai untuk berbagai aplikasi.
  2. Memelihara data baik keakuratan maupun kekonsistenannya.
  3. Memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk aplikasi sekarang dan yang akan datang akan disediakan dengan cepat.
  4. Membolehkan basis data untuk berkembang dan kebutuhan pemakai untuk berkembang.
  5. Membolehkan pemakai untuk membangun pandangan personalnya tentang data tanpa memperhatikan cara data disimpan secara fisik.
Bila anda memiliki pertanyaan mengenai pembuatan sistem informasi - basis data / database dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.

Contoh topik atau judul skripsi yang berhubungan dengan sistem informasi - basis data / database adalah 'Sistem Informasi Perparkiran', 'Sistem Informasi Pembelian, Penjualan dan Persediaan', 'Sistem Informasi Pembukuan General Ledger' dan 'Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit'.

110 Comments:

  • Pagi, pak joni. Saya mahasiswa di jakarta. Saya mau tanya mengenai program sistem informasi perparkiran dan sistem informasi pembelian, penjualan dan persediaan. Dimana saya bisa memperoleh referensi untuk program tersebut? Thanks.

    By Anonymous Anonymous, At September 8, 2007 at 7:21 AM  

  • Hai, Doni. Untuk memperoleh referensi tersebut. Silahkan anda kirim mail ke alamat email saya: joni.gozali@gmail.com. Sukses untuk Skripsi Anda ... ^_^

    By Blogger Joni Gozali, At September 8, 2007 at 10:13 AM  

  • Hi..Pak/Mas Joni Gozali....

    skripsi yang akan saya angkat adalah tentang AUDIO STEGANOGRAFI/WATERMARKING PADA MP3
    dengan METODA Spread Spectrum..dan ekripsinya belum terpikirkan!!mungkin ada saran(yg mudah)...
    apakan anda punya referensinya dan source code program beserta teorinya..

    By Blogger Unknown, At September 20, 2007 at 2:18 PM  

  • Hello, Dedy. Sepertinya posting anda salah tempat. Harusnya topik anda di-post di bagian kriptografi.

    Aplikasi watermarking memang menarik. Informasi yang disembunyikan di dalam suatu produk digital (gambar, video, audio) tidak akan terlihat dengan mata kasat dan ini biasanya digunakan untuk membubuhkan tanda tangan si pembuat (hak cipta / copyright) dalam produk digital ciptaannya.

    Metode Phase Coding, Echo Data Hiding dan Spread Spectrum adalah metode watermarking untuk audio. Sayang sekali, saya tidak punya referensi untuk proses perhitungannya. Tetapi rekomendasi saya, anda bisa coba cari di buku 'Applied Cryptography: Protocols, Algorithms' oleh Bruce Schneiner dan buku 'Performance Evaluation of Digital Audio Watermarking Algorithms' oleh J.D.Gordy & L.T.Bruton.

    Semoga bermanfaat.

    By Blogger Joni Gozali, At September 20, 2007 at 3:11 PM  

  • Pak, saya Robert mahasiswa dari Bandung.

    Maaf sebelumnya apabila posting ini kurang tepat waktu atau penulisannya.

    Pak, saya sedang mengambil topik TA atau skripsi saya mengenai "Analisa dan Perancangan Basis Data" dimana saya ingin menggunakan Data Grid Computing yang pada tahap selanjutnya ingin dikembangkan menjadi sebuah Data Warehouse.

    Saya memiliki 3 kesempatan untuk melakukan presentasi topik yang berbeda apabila topik-topik sebelumnya ditolak.

    Apakah Bapak bisa membantu saya mengenai Data Grid Computing tersebut atau adakah topik lain yang cocok untuk saya?

    Saya terlambat membaca Blog Anda sehingga melewati kuota yang Anda tawarkan.

    Terima kasih.

    By Anonymous Anonymous, At October 29, 2007 at 7:36 AM  

  • Hello, Robert ...

    Maksud anda, anda ingin buat program warehouse (gudang) untuk mengontrol qty barang & transaksi masuk-keluar barang? Untuk program seperti ini, tidak masalah. Saya juga bekerja sebagai programmer database & system analyst untuk software bisnis seperti ini.

    Untuk Data Grid Computing, saya kurang mengerti maksud anda. Apakah ini sebuah metode atau apa? Data Grid, setahu saya, adalah komponen tabel di visual basic. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menghubungi saya di email: joni.gozali@gmail.com.

    Sukses untuk Skripsi Anda ... ^_^

    By Blogger Joni Gozali, At October 29, 2007 at 3:14 PM  

  • Pak Joni saya ingin membuat suatu sistem informasi dengan tema Knowledge Management, kira2 judul atau permasalahan yang menarik untuk diambil apa ya??
    Mohon bantuannya...
    Trima Kasih

    By Anonymous Anonymous, At December 8, 2007 at 5:43 PM  

  • Hai, Bagus. Saya kurang jelas dengan ruang lingkup knowledge management. Knowledge management - apakah berupa suatu sistem informasi yang dilandasi knowledge base? Kemudian, ruang lingkup apa saja yang dicakup? Samakah dengan topik SI biasanya yang mencakup pengolahan data berbasis informasi (spt: kontrol stok, gl, AR/AP, sewa VCD, manajemen perparkiran & gedung, dll). Untuk diskusi lebih lanjut, anda bisa mencoba menghubungi saya di email saya.

    By Blogger Joni Gozali, At December 10, 2007 at 11:35 AM  

  • This comment has been removed by a blog administrator.

    By Anonymous Anonymous, At January 6, 2008 at 12:35 AM  

  • Hello ... Maksud anda, program pengucapan teks bahasa indonesia. Sebenarnya, komponen untuk aplikasi ini sudah ada, tinggal di-add dan digunakan. Untuk info selanjutnya, bisa hubungi saya di email saya.

    By Blogger Joni Gozali, At January 8, 2008 at 12:43 PM  

  • sore pak jon,saya ribur ingin membuat skripsi mengenai aplikasi pembukaan rekening tabungan pada bank,mohon bantuannya.thanks

    By Blogger stiond, At January 8, 2008 at 4:02 PM  

  • Hai, Stiond .... Program anda ini kira2 batasannya sampai mana saja? Apakah juga di-online-kan antar cabang? Atau hanya program yang bersifat stand alone atau hanya digunakan lewat jalur LAN?

    Untuk mendiskusikan hal ini, silahkan hubungi saya via email.

    By Blogger Joni Gozali, At January 8, 2008 at 4:16 PM  

  • pak jon saya pendatang baru
    mau tanya nih, saya mau nyusun skripsi yang judulnya "Analisis dan perancangan sistem informasi pengendalian spare part" alias persedian gitu..yang saya bingung, dalam mbuat DAD (diagram arus data) yang bagus itu gimana ya???
    didalam sistem itu ada entitasnya,
    ada pelanggan, teknisi, stocker, finance, pimpinan... udah bener belum?? klau buat perusahaan jas service phonsel (nokia care center)entitas nya kayak gini.... tolongin donK..thx...b4

    By Blogger Geronimo, At January 12, 2008 at 6:35 PM  

  • Hello, geronimo .... Untuk dapat membuat DFD yang baik, coba baca buku Kendall, K.E. dan J.E. Kendall, 2003, Analisis dan Perancangan Sistem. Mudah2an bisa membantu.

    PS. Kalau saya jelaskan di sini cara membuat DFD, akan panjang banget :)

    By Blogger Joni Gozali, At January 13, 2008 at 11:51 AM  

  • halo pak jon...
    saya mau nanya, saya mo bikin skripsi dengan tema wedding organizer...kira2 topik yang dibahas tentang wedding organizer apa ya selain perancangan sistem nya atau sistem penunjang keputusannya?
    atau ada masukan mengenai topik lainnya...
    terima kasih..

    By Blogger ravnow, At January 15, 2008 at 12:58 PM  

  • Hello, Ravnow ... Saya pribadi tidak pernah membuat aplikasi untuk sistem informasi wedding organizer. Tetapi, setau saya, input-nya tidak akan jauh2 dari data customer, data member / contact (MC, penari, Camera man, dll) serta faktur order untuk meng-input order yang masuk, biaya project serta laporan2 yang berhubungan dengan semua kegiatan wedding organizer.

    Untuk topik lain, sistem informasi punya banyak bidang untuk dikembangkan. Cthnya: sistem informasi perparkiran, sistem rental VCD dan masih banyak lagi topik lainnya.

    By Blogger Joni Gozali, At January 15, 2008 at 4:05 PM  

  • klo saya mau ambil topik mengenai sistem informasi rental vcd, cara kerja sistemnya seperti apa???
    terima kasi atas sarannya

    By Blogger ravnow, At January 15, 2008 at 10:48 PM  

  • Hello, ravnow ... Saya pribadi pernah membuat aplikasi ini dgn database SQL Server. Intinya, harus ada data customer / member, data stok (VCD / DVD), data operator, data penyewaan, data pengembalian penyewaan dan semua laporan yang mendukung sistem rental VCD (spt: kartu customer (spy bisa liat histori transaksi dari msg2 customer), laporan penerimaan per hari / bulan, dll).

    Anda juga bisa membuat data customer dilengkapi dengan barcode, sehingga untuk sewa & kembali, tidak perlu cari user id lagi, cukup dengan menggesek kartu customer. Semoga bermanfaat.

    By Blogger Joni Gozali, At January 15, 2008 at 11:26 PM  

  • hi pak joni, saya lagi bingung nih cari judul skripsi buat major Information System (database).Tolong dibantu dalam pencarian judulnya. Terima Kasih

    By Anonymous Anonymous, At January 27, 2008 at 10:13 PM  

  • Hai, Sugeng. Untuk topik mengenai sistem informasi, banyak sekali yang bisa diambil. Perhatikan saja bidang bisnis yang ada di sekitar anda (cth: bisnis sparepart, hotel, restoran, sewa dvd, perparkiran, dll), semuanya bisa dijadikan topik untuk sistem informasi anda. Sebagai saran agar topik anda lebih mudah diterima dosen anda, buatkan saja beberapa proporsal dengan masing2 proporsal berisi sebuah topik, sehingga ketika topik pertama anda ditolak, anda masih punya topik kedua, ketiga, dst .... Sukses untuk Skripsi Anda ^_^

    By Blogger Joni Gozali, At January 27, 2008 at 10:24 PM  

  • kalau tentang bisnis informasi seperti bisnis hotel, rs ,dll itu mungkin bisa tapi kalau tentang impelementasi pembuatan sesuatu yang baru gt gimana?misal implementasi pengkonversian database dengan menggunakan apa gt.Terima kasih atas sarannya

    By Anonymous Anonymous, At January 27, 2008 at 11:01 PM  

  • Hello, Sugeng. Topik yang anda sebutkan 'Pengkonversian Database', misalnya: database access ke database MySQL, dll ... ini sudah termasuk ke ilmu teknik (dalam hal ini, teknik informatika) karena yang dibahas adalah algoritma / teknik bagaimana membaca format kedua database tersebut dan melakukan konversi (layaknya konversi image). Topik ini cukup menarik untuk jurusan TI.

    Namun, bila skripsi anda adalah di bidang Sistem Informasi (SI), maka saya pikir topik ini akan sulit diterima, karena SI banyak membahas sistem dan bukan ilmu komputer, seperti halnya pengkonversian. Sekian informasi dari saya.

    By Blogger Joni Gozali, At January 28, 2008 at 1:57 PM  

  • saya titi mahasiswi tingkat akhir PtS di jogja, saya tertarik tentang pengembangan data warehouse untuk pemerintahan.apakah ada topik yang cocok untuk saya?
    klo ada saya juga minta dibagi & dikirimin ke email sy

    By Blogger Unknown, At February 12, 2008 at 12:17 PM  

  • Hello, antix ... Menurut saya, data warehouse adalah data administrasi yang ada di dalam bagian Gudang. Data warehouse yang pernah saya buat adalah data warehouse untuk perusahaan, seperti: kontrol stok masuk / keluar, data kartu stock, saldo stock, dll. Apakah yang anda maksudkan dengan data warehouse untuk pemerintahan lebih kurang sama dengan maksud saya? Kemudian, spesifikasinya apa2 saja yang ada di dalam modul warehouse untuk pemerintahan tersebut? Konsultasi dengan saya bisa langsung di email saya.

    By Blogger Joni Gozali, At February 12, 2008 at 5:53 PM  

  • tolong bantu saya judul TA teknik informatika hardware yang dicontrol oleh program software

    By Blogger alo, At February 21, 2008 at 12:22 PM  

  • Hai, (ALO). Hardware apa yang anda gunakan? Barcode scanner, Fingerprint atau alat apa? Kalau bisa, dijelaskan lebih detil. Silahkan hubungi saya langsung melalui email.

    By Blogger Joni Gozali, At February 21, 2008 at 3:19 PM  

  • Pak, saya mahasiswa Teknik Informatika tingkat akhir dan ingin membuat Sistem Informasi berbasis web atau vb / vb.net dengan bantuan UML atau DFD sebagai acuan sistem informasinya. Dimana saya bisa memperoleh referensi untuk itu?
    Terima kasih.

    By Anonymous Anonymous, At February 23, 2008 at 12:35 AM  

  • Hello, Adie. Untuk referensi lengkap sistem informasi dengan menggunakan VB, anda bisa dapatkan dari penawaran terbatas paket referensi lengkap saya di halaman depan blog ini.

    By Blogger Joni Gozali, At February 23, 2008 at 12:49 AM  

  • siang pak. saya mahasiswi di jakrta. mau tanya tentang TA.
    saya ngambil penelitiannya di departemen agama, tentang lokasi pembayaran haji.

    kira-kira judul yang tepat untuk TA saya apa ya pak?
    apa yang saya ambil itu termasuk Sistem informasinya atau bukan?

    terima kasih pak. mohon bantuannya ya pak

    By Anonymous Anonymous, At February 23, 2008 at 12:15 PM  

  • Hai, Eny. Setiap sistem yang anda bangun untuk menyimpan & mempercepat proses informasi dikategorikan sistem informasi. Sayangnya, anda tidak menjelaskan lebih detil mengenai: apa yang akan anda buat mengenai 'Lokasi Pembayaran Haji'. Apakah anda akan membuat database lokasi pembayaran termasuk dengan data2 pembayar dan dengan apa dibayar? Bila memang demikian dan output-nya bisa dicetak dalam bentuk bon / laporan, maka ini termasuk sistem informasi.

    By Blogger Joni Gozali, At February 23, 2008 at 12:53 PM  

  • Salam kenal Pak Joni..Saya Jack..saya mau membuat skripsi tentang sistem pembelajaran dasar untuk paduan suara anak(akan lebih menjurus ke i-learning)..minta saran dari bapak untuk databasenya, yang cocok untuk sistem tsb apa yah?
    satu lagi apakah bapak pernah menggunakan aplikasi moodle, saya mencoba untuk membuat skripsi itu dengan moodle..
    mohon bantuannya..
    terima kasih sebelumnya...

    By Anonymous Anonymous, At March 14, 2008 at 3:00 PM  

  • Hai, Jack. Ceritanya, anda ingin membuat software e-learning untuk paduan suara anak. Wah, saya sendiri tidak mempunyai gambaran mengenai faktor apa2 saja yang harus dibangun dalam pembelajaran panduan suara anak ini (saya sendiri tidak pernah masuk grup menyanyi atau panduan suara....hehe). Tapi, inti dari software e-learning adalah mampu memberikan tutorial yang interaktif, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan daya minat user. Untuk aplikasi moodle, saya sendiri tidak pernah menggunakannya.

    By Blogger Joni Gozali, At March 15, 2008 at 8:48 AM  

  • terima kasih sebelumnya sudah membalas comment saya..
    klo untuk content dari i-learning itu sendiri saya sudah mempunyai gambarannya, tapi yang masih menjadi keraguan saya tentang databasenya..
    apakah MYSQL cocok u aplikasi tsb?
    terima kasih lagi

    By Anonymous Anonymous, At March 15, 2008 at 9:37 AM  

  • hallo pak joni...
    mohon bantuannya donk saya mahasiswa tingkat akhir jur. sistem informasi
    skrang lagi amat sangat bingung nie.. =D nyari tema (judul) yang mau diangkat u/ skripsi...
    saya menaruh minat yang BESAR dalam database dan ingin membuat suatu sistem informasi yang ada disekitar kita, yang simple, tepat guna, UNIQUE dan klo bisa.. (pengen'y sih.. dapat memecahkan masalah yang lagi happening) cie...

    Tapi... apa itu???? saya juga blm tau.. :(

    kayak'y saya terlalu neko2 y...
    mengingat saya cm newbie yang belom punya pengalaman sama sekali alias nihil...

    mohon pencerahan'y y.. pak =)

    thaks b4 and after...

    By Anonymous Anonymous, At March 15, 2008 at 11:59 AM  

  • Hai ...

    u/ Anonymous-1,
    Menurut saya, dalam pembuatan aplikasi SI (terutama untuk skripsi), database engine tidak terlalu bermasalah. Anda sesuaikan saja dengan kemampuan anda, apakah anda menguasai MySQL, Access atau SQL Server. Sekedar informasi, MySQL dipakai untuk kepentingan free license (tidak usah beli license, karena open source), Access dipakai untuk kepentingan database kecil ke menengah, SQL Server dipakai untuk kepentingan database yang besar dan dengan jumlah pemakaian database bersama (multiuser) yang tinggi.

    u/ Anonymous-2,
    Semua SI yang dibuat dapat memecahkan masalah efisiensi administrasi dan pemrosesan output data. Banyak aplikasi SI yang dapat dibuat, seperti: aplikasi administrasi (pembelian & penjualan), stock, GL, rental VCD/DVD/Buku, perparkiran, hotel, restoran, dan masih banyak aplikasi lainnya. Untuk kepentingan informasi secara global, anda bisa membangun aplikasi web. Untuk diskusi lebih lanjut, anda bisa menghubungi saya melalui email saya juga.

    Nb: O ya, kalau bisa tolong cantumkan nama (minimal nick-name) anda di blog ini, supaya saya tahu saya sedang berkomunikasi dengan anda.

    By Blogger Joni Gozali, At March 16, 2008 at 2:30 PM  

  • oy pak maap!!hehe kira2 inputny mungkin budget, jumlah pengkonsumsi, jenis makanan(Indonesia(mungkin di bagi lagi(JawaTimur,Sumatra Barat dll)),China dll), harga perporsi dll. iya pak Outputnya ya berupa menu2 catering yang disusun secara otomatis sesuai dengan rule yang telah disediakan mungkin i/o ini dulu pak!barangkali bapak juga punya usulan lain. terus pak apabila saya menggunakan metode2 yg ada pada ai/sistem pakae(expert system) metode yg tepat utk ta saya kira2 ap y pak!! terima kasih banyak atas bantuanny!!

    ardi,wass

    By Anonymous Anonymous, At March 16, 2008 at 5:40 PM  

  • Hai, Ardi. Aplikasi yang ingin anda buat adalah sistem pakar. Di dalam sistem pakar, yang paling penting adalah basis pengetahuan (knowledge base). Pendekatan knowledge base yang bisa digunakan adalah forward chaining atau backward chaining. Penentuan rule di dalam knowledge base akan sangat berpengaruh terhadap hasil (output) dari sistem pakar ini.

    By Blogger Joni Gozali, At March 17, 2008 at 9:56 PM  

  • Pagi, pak joni. Saya mahasiswa Politeknik di Jember. Saya mau tanya mengenai program sistem informasi penyewaan kamar pada suatu hotel.apakah Anda mempunyai referensi dan source code untuk program tersebut???? thnks.....

    By Blogger Master OF Glands, At March 18, 2008 at 11:05 AM  

  • Hai, Master of Glands. Referensi yang saya miliki, hampir sama dengan penyewaan kamar pada Hotel. Untuk detailnya, coba hubungi saya di email.

    By Blogger Joni Gozali, At March 18, 2008 at 11:29 AM  

  • Pak saya juan dari bandung.
    sekarang ini saya mau ngajuin KP tp saya bingung belum dapet topiknya!!!
    saya berminat sekali dengan database, biasanya saya menggunkan sqlserver2005 dan vb6.
    Pa tolong cariin topik yang lagi happening.
    terima kasih banyak!!

    By Blogger fx_zpy2000, At April 1, 2008 at 9:50 AM  

  • Hai, Juan. Untuk KP, biasanya anda harus bekerja sama dengan perusahaan2 yang ada di daerah anda. Coba saja, perhatikan atau cari kenalan (teman/famili) yang bekerja di perusahaan. Anda bisa menggunakan perusahaan mereka sebagai daerah pengambilan KP. Cukup perhatikan aplikasi / program / data apa saja yang diolah oleh perusahaan tersebut, dan buat analisis dalam bentuk paper, maka KP anda akan selesai. Sekedar informasi, membuat KP tidak sesulit menyelesaikan skripsi. Selamat berjuang ... ^_^

    By Blogger Joni Gozali, At April 1, 2008 at 3:15 PM  

  • Makasi pak joni.
    tapi KP di kampus kami hampir sama dengan ngerjain skripsi.
    klo skripsi harus ada min 2 subsistem. klo KP harus min 1 subsistem.
    KP di kampus kami sama aja dengan ngerjain skripsi!!!
    ngak bisa cuman bikin laporan doang!!!
    jadi tolong dong pak buat topiknya!!!
    makasih ya pak....

    By Blogger fx_zpy2000, At April 1, 2008 at 9:28 PM  

  • Hai, Juan. Untuk topik database, anda bisa lihat2 perusahaan2 apa saja yang ada di lingkungan kerja / kuliah anda. Saya pikir, topik SI / Database cukup banyak yang bisa diangkat sebagai KP, seperti: Sistem Informasi Pembelian, Penjualan, Persediaan, GL, Pemesanan Ruangan, Penyewaan DVD, dll ... O ya, jangan lupa untuk mencari perusahaan yang dekat dengan anda (teman / famili anda), supaya lebih mudah ketika hendak meminta cap perusahaan.

    By Blogger Joni Gozali, At April 2, 2008 at 1:53 AM  

  • Selamat siang Pak Joni..
    Saya Basith, mahasiswa di sebuah sekolah tinggi di Tangerang, kebetulan saya mendapat tugas mengenai sistem teknologi informasi di Bank BNI..
    Mungkin Bapak dapat membantu saya untuk memperoleh referensi mengenai hal tersebut..
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya..

    By Anonymous Anonymous, At April 4, 2008 at 2:41 PM  

  • Hai, Basith. Saya belum pernah mengetahui bagaimana sistem TI di Bank BNI. Dalam hal ini, anda ingin membahas dari sisi mana? Program, database ataukah koneksi jaringan antar cabangnya? Untuk diskusi, anda bisa menghubungi saya melalui email juga.

    By Blogger Joni Gozali, At April 5, 2008 at 9:12 AM  

  • Salam, saya mahasiswi semester akhir.Rencananya saya ingin membuat skripsi tentang sistem informasi database kesiswaan di sebuah sekolah, apakah pak joni memeliki referensi yang berhubungan hal tersebut, trims.

    By Blogger deeqchay, At April 8, 2008 at 7:08 AM  

  • Hai, deeqchay. Saya pernah membuat aplikasi database lengkap sistem SKS di sebuah kampus. Tetapi, databasenya menggunakan SQL7, sehingga agak susah di-maintenance (kecuali anda mengerti SQL7). Untuk diskusi lebih lanjut mengenai sistem informasi database kesiswaan (absensi, data murid, data guru, nilai ujian bulanan, semester, dll ...), anda bisa menghubungi saya di email.

    By Blogger Joni Gozali, At April 8, 2008 at 7:16 AM  

  • pak jon...saya mau nanya...saya lagi sudah mengambil skripsi tentang perancangan sistem informasi CRM dan reservasi pada Hotel
    yang saya mau nanyakan,apa yang bisa saya tambahkan ya CRM nya pada Hotel..??
    sebelumnya data CRM nya saya sudah ada seperti isi kuesioner, kritik dan saran, testimonial, kira2 proses apa lagi yang harus saya tambahkan ya...mohon bapak bisa membantu saya dalam menyelesaikan tugas skripsi saya...terima kasih

    By Anonymous Anonymous, At April 8, 2008 at 8:17 AM  

  • hi, perkenalkan saya tosa.
    saya kul di teknik elektro sub komputer. saya mau nanya referensi judul yang bagus sm bang joni mengenai database networking, kira2 apa yang bagus ya? karena saya masih bingung memilih topik untuk tugas akhir yang akan saya buat..
    thanks b4

    By Blogger Unknown, At April 8, 2008 at 9:33 AM  

  • u/ Anonymous:
    Hai, Anonymous. Untuk CRM, saya pikir sudah cukup lengkap. Sebagai tambahan, anda bisa tambahkan polling mengenai layanan dokter, suster, dll .... Kalau saya boleh tahu, anda buat aplikasi ini dalam bentuk web ya?

    u/ tosa:
    Hai, Tosa. Maksud anda, database networking itu database multiuser yang dapat digunakan oleh beberapa user yang terkoneksi di dalam jaringan? Kalau untuk ini, cukup banyak topik yang bisa diangkat, seperti: Sistem Informasi Perparkiran, Penyewaan DVD/VCD, Reservasi Tiket Online, dll ... (cukup perhatikan dunia bisnis di sekitar anda).

    By Blogger Joni Gozali, At April 9, 2008 at 1:50 PM  

  • Hallo pak joni, mau tanya apakah ada analisis dan desain sistem tools yang bagus tapi gratis ??? kalo ada dimanakah downloadnya? terima kasih

    By Anonymous Anonymous, At April 14, 2008 at 11:12 AM  

  • Hai, Nur. Maksud anda tools untuk design UML, DFD dan diagram2 lainnya? Dulu, saya memang pernah men-download tools untuk penggambaran DFD, lumayan bagus, tapi saya tidak terbiasa memakainya. Untuk saat ini, saya hanya menggunakan Visio.

    Kalau tools untuk analisis, saya tidak pernah memakainya.

    By Blogger Joni Gozali, At April 14, 2008 at 3:52 PM  

  • Halo Pak Joni saya mempunyai rencana untuk membuat aplikasi penerimaan informasi melalui sms di PT Perhutani. Apakah bapak mempunyai referensi metode ini?... Terima kasih..

    By Anonymous Anonymous, At April 17, 2008 at 3:46 PM  

  • Hai, Lunx. Informasi sms apa yang akan diterima pada PT Perhutani?

    Saya tidak punya referensi lengkapnya, tetapi saya pernah melakukan eksperimen untuk sistem informasi SMS-Gateway, dan ternyata berhasil. Anda bisa menghubungi saya melalui email untuk diskusi.

    By Blogger Joni Gozali, At April 17, 2008 at 4:14 PM  

  • saya sangat suka dengan preview ini

    By Anonymous Anonymous, At April 24, 2008 at 9:21 AM  

  • Hai, Dody. Terima kasih atas apresiasi anda. Sukses untuk anda.

    By Blogger Joni Gozali, At April 24, 2008 at 9:34 AM  

  • Siang pak Joni...Saya teratarik membuat skripsi tentang metode kontrol akses dalam keamanan database....

    Saya tau ada 3 metode kontrol akses yg dipake.. DAC, MAC, RDAC..Apakah bapak pernah mendengar 3 metode ini??

    Yang ingin saya tanyakan dari 3 metode ini mana yang paling bagus untuk dijadikan TA?

    Makasih atas jawabannya ya pak...

    By Blogger anti, At April 28, 2008 at 12:47 PM  

  • Pak Joni...saya sudah menerima email dari bpk bagian pertama ttg referensi judul..tp tidak ada file yg dapat saya attach...Bagaimana itu pak?
    Terima kasih sebelumnya...

    By Blogger anti, At April 29, 2008 at 9:05 AM  

  • Hai, Santi. Saya belum pernah mempelajari mengenai metode DAC, MAC, RDAC untuk kontrol akses dalam keamanan database. Maaf, tidak bisa membantu. Mengenai referensi judul, anda menggunakan email provider apa sebagai email? yahoo, gmail atau email apa. Yahoo sering memblokir kiriman file dari engine saya.

    By Blogger Joni Gozali, At April 30, 2008 at 9:27 AM  

  • Saya memakai gmail pak..
    Tp tidak ada file yg dikirim ke saya.....

    By Blogger anti, At May 1, 2008 at 1:13 PM  

  • Hai, Santi. Coba hubungi saya melalui email.

    By Blogger Joni Gozali, At May 3, 2008 at 11:36 AM  

  • Siang, pak joni saya yudi mahasiswa tingkat akhir. saya sedang membuat skripsi tentang aplikasi berbasis web untuk absensi perusahaan,tapi saya kesulitan untuk membuat ERD serta DFD nya bisa minta tolong bantuannya pak?

    By Blogger yudi, At May 13, 2008 at 3:50 PM  

  • Hai, Yudi. Sebenarnya, DFD untuk proses SI tidak terlalu sulit. Pertama, anda harus bisa menjabarkan prosedur manual yang ada di dalam sistem anda, kemudian baca2 dan lihat contoh2 DFD yang ada di buku dan anda tinggal menyesuaikan prosedur manual anda ke dalam bentuk DFD.

    Saya tidak memiliki bayangan, apa yang anda bangun utk aplikasi absensi karyawan berbasis web. Jadi, saya hanya bisa memberikan saran / cara untuk membuat DFD.

    By Blogger Joni Gozali, At May 15, 2008 at 10:12 AM  

  • Aplikasi berbasis web untuk TA apa ya pak joni? Saya peminatan SI, tetapi bingung untuk menentukan topik TA. Mungkin ada saran atau referensi dari bpk. Thanks

    By Anonymous Anonymous, At June 5, 2008 at 1:47 AM  

  • Untuk topik web, hampir sama dengan aplikasi windows database, perbedaannya hanya terletak pada platform web yang memungkinkannya dapat diakses dari berbagai tempat di seluruh dunia. Mengenai topik database, anda bisa lihat2 perusahaan2 apa saja yang ada di lingkungan kerja / kuliah anda. Saya pikir, topik SI / Database cukup banyak yang bisa diangkat sebagai skripsi, karena berhubungan dengan dunia bisnis / kerja. Beberapa topik database yang dapat dijadikan skripsi adalah:
    1. SI Order Online pada CV.X Menggunakan PHP & MySQL
    2. SI Penjualan Tiket Pesawat.
    3. SI Penjualan Perabot & Tempat Tidur
    4. dan masih banyak topik lainnya ...

    By Blogger Joni Gozali, At June 6, 2008 at 11:52 AM  

  • Malam pak...saya mahasiswi di batam sedang mengerjakan tugas akhir tapi belum dapat judul..bingung,,
    pengennya yang berbasis informasi dengan databse,tapi yang berkompeten.

    By Anonymous Anonymous, At July 7, 2008 at 8:12 PM  

  • Hai, Rynmei. Banyak sekali topik SI yang bisa diangkat. Perhatikan saja lingkungan bisnis sekitar anda yang bisa diangkat menjadi permasalahan / topik untuk skripsi anda.

    Contoh yang ada adalah: SI Penyewaan VCD/DVD, Stock, GL, Perparkiran, Akademik, dll.

    By Blogger Joni Gozali, At July 8, 2008 at 7:11 AM  

  • pak, mohon bantuan nya dunk untuk topik skripsi yang berhubungan dengan jaringan
    makasih sebelumnya

    By Anonymous Anonymous, At July 11, 2008 at 4:00 PM  

  • malm pak joni...
    saya mahasiswi politeknik batam.
    saat ini saya sedang dalam proses pencarian topik untuk tugas akhir saya pak..
    saya bingung mo bkin apa, berhubung kami proyek akhir nya semester lalu mengenai sistem informasi, saya agak sedikit mengerti ttg sistem informasi pak..
    saya ingin membuat aplikasi tugas akhir tentang sistem informasi tapi yang unik pak.. apakah bapak bisa memberikan masukan buat saya??
    sekian dan terima kasih..

    By Anonymous Anonymous, At July 11, 2008 at 7:37 PM  

  • @angga
    Anda minta skripsi jaringan, tapi kq post di bagian SI. he2. Coba anda baca dulu posting2 yang ada di bagian jaringan.

    @ulie
    Banyak topik SI yang dapat diangkat. Coba saja perhatikan lingkungan bisnis sekitar anda. Semua sistem yang digunakan dalam lingkungan bisnis, rata2 dapat dibuat menjadi topik untuk skripsi SI.

    By Blogger Joni Gozali, At July 12, 2008 at 9:19 AM  

  • Malam Pak Joni. Saya mahasiswa jogja mau tanya tentang program TA sistem informasi penjualan dan pembelian barang elektronik berbasis komputer, sekaligus memuat tentang teknologi jaringan(LAN).dimana saya bisa mendapatkan referensinya.

    By Blogger Yustito, At July 20, 2008 at 4:00 AM  

  • Hai, Yustito. Pada dasarnya, semua konsep dasar untuk Sistem Informasi adalah sama yaitu pemograman database. Bila anda menguasai design struktur database dan coding untuk pemograman database, maka ini tidak akan menjadi masalah bagi pemograman database.

    Untuk jaringan LAN, yang anda maksud adalah multi-user database ya? Untuk hal ini, juga tidak bermasalah dalam koneksinya, bila memang sudah ter-install jaringan LAN sebelumnya.

    Untuk referensi, anda bisa diskusi saya di email.

    By Blogger Joni Gozali, At July 21, 2008 at 11:26 AM  

  • pak joni saya akan ambil judul skripsi silverlight bisa bantu saya ?

    By Blogger frank, At July 26, 2008 at 8:32 PM  

  • Hai, Frank. Anda kurang detail. Saya kurang mengerti mengenai silverlight yang anda maksud.

    By Blogger Joni Gozali, At July 27, 2008 at 10:40 AM  

  • hi pak joni
    Saya memerlukan bantuannya untuk mencari judul skripsi Teknik Informatika, major saya sistem informasi, apa bapak ada masukan judul??

    thanks sebelumnya

    By Anonymous Anonymous, At August 4, 2008 at 7:41 PM  

  • Hai, l3x. Seperti yang saya katakan, anda bisa mengambil judul sistem informasi apapun yang berkaitan dengan lingkungan bisnis (spt: aplikasi stok, perparkiran, penyewaan, dll). Coba anda baca-baca postingan di atas. Mudah2an anda mendapatkan inspirasi untuk judul skripsi anda.

    By Blogger Joni Gozali, At August 4, 2008 at 11:54 PM  

  • Pak Joni,bapak punya refernsi tentang data mining? TA saya tentang data mining. Lebih jelas lagi tentang induksi decision tree dengan menggunakan metode ID3. Saat ini saya mengalami kesulitan dengan algoritma ID3.
    Mohon bantunnya ya Pak,
    Terima Kasih

    By Anonymous Anonymous, At August 7, 2008 at 10:49 AM  

  • Hai, anonymous. Saya tidak pernah mempelajari mengenai algoritma ID3. Maaf, saya sepertinya tidak bisa membantu anda.

    By Blogger Joni Gozali, At August 8, 2008 at 8:43 AM  

  • assalamualaikum...saya teuku dari lhokseumawe - aceh,
    pak bisa bantu saya? saya sedang nyusun,judul skripsi saya " mobile commerce berbasis WAP" sama ada nggak sourcecode nya?saya udah bingung buatnya n nggak sukses2??
    terimakasih sebelumnya...
    wassalam...

    By Blogger Free Download, At August 13, 2008 at 1:12 PM  

  • Teuku, saya tidak pernah membuat aplikasi mobile e-commerce berbasis WAP. Maaf, tidak bisa membantu.

    By Blogger Joni Gozali, At August 13, 2008 at 6:03 PM  

  • Halo pak Joni, saya haka mhs pts di yogya. saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir yaitu tentang analisa resiko kredit pada perbankan menggunakan metode data mining. Yang mau saya tanyakan, kira2 komponen (proses) apa saja yang perlu saya masukkan di dalam sistem tersebut ya Pak? Sementara ini saya membuat beberapa proses : proses pengajuan kredit, penambangan data dan analisis resiko bagi calon nasabah baru. Apakah ada yang perlu ditambahkan? Oia Pak, yang terpenting, kalo Bapak ada referensi yang menyangkut tugas akhir saya mohon di share ya Pak. terima kasih sebelum dan sesudahnya... :)

    By Anonymous Anonymous, At August 27, 2008 at 6:57 PM  

  • Hai, Anonymous. Untuk data mining, saya pernah mempelajari, tetapi saya tidak mendalaminya dan belum pernah membuat aplikasinya, sehingga saya tidak punya referensi source.

    Kalau saya boleh tahu, topik ini digunakan sebagai TA pada jurusan Sistem Informasi ya? Atau TI ?

    By Blogger Joni Gozali, At August 29, 2008 at 11:08 AM  

  • Saya mhs TI, ambil konsentrasi studi Sistem Informasi. okay, terimakasih Pak udah meluangkan waktu buat reply.. :)

    By Anonymous Anonymous, At August 29, 2008 at 12:14 PM  

  • Hai, Anonymous. Untuk topik SI, seharusnya anda bisa mengambil aplikasi database yang membahas suatu sistem, tanpa melibatkan metode.

    By Blogger Joni Gozali, At August 30, 2008 at 9:52 AM  

  • Malam pak, saya mhsiswi dari padang jursn Sistem Informasi dan saya masih bingung untuk menentukan judul skripsi saya.
    Saya tertarik untuk membangun aplikasi web pada sekolah atau perusahaan...tapi saya belum mempunyai referensinya. Mungkin bapak bisa membantu saya mengenai apa-apa saja yang harus saya buat...

    By Blogger Unknown, At September 13, 2008 at 9:19 PM  

  • pak joni, saya mahasiswi tingkat akhir di semarang. untuk TA rencananya saya akan membuat sistem informasi penggajian di depag.apakah anda mempunyai referensi dan source code untuk program tersebut??
    Thx.

    By Anonymous Anonymous, At September 28, 2008 at 9:50 PM  

  • pak joni tolong dunk saya mw buat SI penggajian, inpu,outputnya gimana yaa???????

    By Anonymous Anonymous, At September 28, 2008 at 10:02 PM  

  • pagi, Pak Joni. Saya mahasiswi di Solo. Saya mau tanya mengenai program sistem informasi haji tu seperti apa?

    By Blogger Unknown, At October 8, 2008 at 11:33 AM  

  • pak Gozali, saya tertarik dengan "Sistem Informasi Pembukuan General Ledger". Dapatkah saya mendapatkan referensi dan mungkin step2 awal membuatnya..

    Terima kasih atas bantuannya :)

    By Blogger agoy3012, At October 12, 2008 at 5:41 PM  

  • Sore, Pak Joni say Mhs di jkt.saya skrg sdg menyusun skripsi,sdgkan saya kemampuan pas2-an, kata dosen saya kalau bikin skripsi nanti jgn sekitar pembelian,penjualan,persediaan,jgn yg itu2 aja, sesuatu yg baru kalau bisa.MOhon Minta Saran dan saya harus membuat yg mana baiknya...

    terima kasih

    By Anonymous Anonymous, At October 16, 2008 at 4:05 PM  

  • Semoga kesejahteraan senantiasa menaungi anda! Saya salah seorang mahasiswa D3 TI yang saat ini sedang berjuang untuk lulus, dan berencana untuk mengambil topik sistem informasi untuk TA saya. Oleh karena saat ini saya juga aktif mengajar di salah satu SMP Swasta, saya ingin TA saya nanti juga berkontribusi terhadap kemajuan institusi saya. Menurut pendapat bapak, tema apa yang kiranya sesuai untuk saya garap sebagai bahan TA.Terimakasih :)

    By Anonymous Anonymous, At October 23, 2008 at 2:36 PM  

  • selamat pagi pak joni. saya tania. saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir pembuatan database dengan access untuk sistem pembelian, penjualan dan inventori. apakah bapak bisa memberikan contoh kepada saya mengenai kasus ini? terima kasih

    By Anonymous Anonymous, At October 27, 2008 at 11:18 AM  

  • alooo om joni, saya mau bikin Tugas Akhir dengan topik Elektronik Thesis (E-Thesis), saya butuh referensi, om joni punya referensi, klo punya bagi2 om joni, ini email saya : malikdinar03@yahoo.com, thanks om joni

    By Blogger malik, At November 2, 2008 at 9:41 PM  

  • pagi, pak joni saya mahasiswi jurusan sistem komputer. saya lagi bingung nyari judul skripsi bisa tolong kasi referensi judul ga??

    thankzzz

    By Anonymous Anonymous, At November 19, 2008 at 10:52 AM  

  • halo pa, salam kenal
    saya lagi menyusun skripsi mengenai inventarisasi hardware komputer pa. bisa bantu dalam hal perancangan database nya ga? soalnya saya dah mentok nie...
    makasih ya pa sebelum nya...

    By Blogger "Chioen's" Sediana, At November 27, 2008 at 6:47 PM  

  • hai pak Joni, saya mhs tingkat akhir. saya ingin membuat sistem informasi pada sebuah dealer mobil yang menjual mobil baru maupun mobil bekas. Judul apa yang tepat kira - kira ya pak? lalu, komponen inputan dan outputnya apa ya pak?
    mohon bantuannya

    terima kasih

    By Anonymous Anonymous, At December 1, 2008 at 2:03 PM  

  • siang Pa Jon,ini heri,saya sekolah di SMK WAHIDIN (SMEWA).Saya sekarang lagi PRAKERIN di radar cirebon,di sini saya di suruh membuat absensi wartawan dengan menggunakan visual basic,bagaimana caranya saya membuat data absensi dengan menggunakan visual basiv?
    Pa saya mohon bantu saya untuk mengerjakannya,berikan caranya Pa Jon,saya di beri waktu untuk membuatnya sampai bulan febuari..
    mohon bantuannya Pa, Trimakasih...

    By Blogger laricci.blgspot.com, At January 5, 2009 at 2:35 PM  

  • malam pak joni.
    pak sprtinya sistem perparkiran itu ide yg bgus...
    bisa minta bahannya.. or source kodenya...
    thx pak..

    By Blogger Unknown, At January 6, 2009 at 12:00 AM  

  • lam knal pak....

    By Blogger Unknown, At January 6, 2009 at 12:02 AM  

  • selamat pagi Pa Jon,
    gimana pa apakah saya bisa membuat data absensinya ?
    berikan caranya untuk membuatnya Pa ? thank's

    By Blogger laricci.blgspot.com, At January 6, 2009 at 8:46 AM  

  • salam kenal pak joni. Saya mahasiswa di jakarta. Saya mau tanya mengenai program sistem informasi perpustakaan berbasis web, menggunakan PHP dan MYSQL.Dimana saya bisa memperoleh referensi untuk program tersebut? makasih pak..

    By Blogger Reno, At January 12, 2009 at 5:42 PM  

  • Met kenal Pak Joni, saya pendatang baru neh dan ingin meminta bantuan dari bapak. Nama saya Falen Mhs TI sedang skripsi "Analisis dan perancangan sistem informasi Akademik" didalam sistem itu kan ada mahasiswa, mata kuliah, dosen, NIM, jurusan, kira2 ada tambahan apa lg pak?? mohon bantuannya terima kasih

    By Anonymous Anonymous, At January 22, 2009 at 3:04 PM  

  • wah pak joni gozali ini sangat perhatian sekali y dengan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir,.. saya(jurusan IT) juga lagi menuju persiapan tugas akhir pak, saat ini saya masih semester 5, nah saya bingung cari judul tugas akhir yang pas,. saya pengennya sih berbasis java atau PHP,.. ada masukan gak pak,. tolong pak y,.. tadi saya juga sudah subscribe email bapak,. atas saran dan masukannya saya ucapkan trima kasih

    By Anonymous Anonymous, At January 24, 2009 at 4:24 AM  

  • siang pak,,
    saya mw tanya tentang eNTERPRISE aRCHITECTURE...
    referensi yg saya dapat blom bgtu banyak,,
    n saya msh binggung tentang aplikasi yg nantinya saya akan buat,,
    metode yg saya pakai yaitu zahman framework,,
    n klo bisa,,bapak ada contoh aplikasinya ga?
    saya minta donk...
    makasih byk ya pak sudah membantu,,,

    By Blogger tya_archa, At January 26, 2009 at 11:03 AM  

  • saya mahasiswa semester akhir di bidang TI , dan sudah di suruh oleh guru pembimbing untuk menyusun skripsi tapi saya masih bingung sendangkan waktu saya hanya 3 bulan sj. bisakah bapak membantu solusi karena mengingat detlennya sudah cuku p singkat. rencana sy ttg ujian onlent dengan data basenya MSQL tapi belum mengerti byk ttg itu bagaimana menurut bapaka. makasih.

    By Anonymous Anonymous, At February 5, 2009 at 4:11 PM  

  • halo, pak Joni,
    skripsi saya tentang benchmarking OODB (Object Oriented Data Base),
    di mana saya membandingkan 2 OODB kemudian dibuat aplikasinya.
    Apakah bapak punya ide mengenai aplikasinya tetapi selain sistem informasi?
    terima kasih.

    By Blogger world of everything, At February 26, 2009 at 8:35 AM  

  • permisi pak, saya mahasiswa IT. saya lagi pusing soal menentukan judul dari TA saya, saya memiliki minat mengenai data warehouse tetapi saya masih sangat awam mengenai materi ini.apakah bpk bisa memberikan saya pencerahan mengenai data warehouse seperti data2 yang diperlukan, program yang digunakan di dalam membangunnya. adakah referensi yang bisa saya dapatkan?
    Terimakasih

    By Anonymous Anonymous, At February 28, 2009 at 10:47 PM  

  • Ass pak/mas joni. saya baru aja ngajuin judul skripsi mengenai sistem penjualan... tapi ditolak karena menurut dosen saya sistem penjualan atau sistem informasi itu lebih cocok untuk tugas magang... teman-teman yang mengajukan SI jg bnyak yang ditolak hhe... saya jadi pusing mau ngajuin judul apa lagi...

    By Anonymous Anonymous, At March 11, 2009 at 9:59 AM  

  • selamat malam pak joni, saya mahasiswa dari denpasar. saya mau buat sebuah system aplikasi desktop yang akan dikoneksikan dengan internet untuk antar cabang. saya bingung dalam merancang database dan koneksinya seperti apa? mohon bantuannya... dimana saya bisa mencari referensinya???
    terimakasih

    By Blogger you-d, At March 11, 2009 at 8:29 PM  

  • Maaf, buat semua pengunjung blog ini, saya tidak sempat membalas semua pertanyaan anda di blog saya, karena kesibukan saya. Sebagian besar sudah menghubungi saya di email dan saya sudah balas. Untuk pertanyaan yang belum dibalas atau ada pertanyaan lain, bisa langsung didiskusikan di email saya: joni.gozali@gmail.

    By Blogger Joni Gozali, At March 17, 2009 at 11:23 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home