Skripsi Teknik Informatika | Tugas Akhir Teknik Informatika | Referensi Skripsi TI Online

Wednesday, July 16, 2008

Topik Bahasan: Algoritma Pemograman & Struktur Data

Algoritma Pemograman dan Struktur Data membahas algoritma-algoritma yang digunakan secara teknis dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah algoritma pengurutan, algoritma pencarian, struktur algoritma yang baik, dll. Secara kasat mata, banyak pihak berpikir bahwa pencarian dan pengurutan adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Padahal dari sisi teknis TI, pencarian dan pengurutan tidaklah semudah yang dipikirkan. Bisa anda bayangkan bagaimana Google mencari keyword yang anda masukkan dalam milyaran halaman web, mengindeks atau mengurutkannya berdasarkan prioritas dan menampilkannya ke browser web anda dalam hitungan kurang dari 0.5 detik. Hal2 seperti inilah yang dibahas dalam algoritma pemograman dan struktur data.

Bila anda memiliki pertanyaan mengenai bidang ini dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.

Contoh topik skripsi teknik informatika yang berhubungan dengan algoritma pemograman & struktur data adalah algoritma pencarian hash-search, pengurutan quick-sort, merge-sort, heap-sort, tower-of-hanoi, pohon ekspresi, link list, dll.

19 Comments:

  • halo pak Joni. Saya skrng dlm tahap membuat skripsi. Bingung juga. Saya tertarik dengan struktur pohon ekspresi yang dapat membagi prioritas operasi dan variabel ke bentuk sebuah pohon dan juga struktur pohon heap sort. Dimanakah saya bisa mendapat referensi mengenai topik ini? Dibalas ya di andy101975@yahoo.co.id. Thanks.

    Best Regards,
    Andy

    By Anonymous Anonymous, At July 5, 2007 at 2:02 PM  

  • Hai, Andy.
    Pohon ekspresi bisa anda temukan di buku 'Matematika Diskrit' yang ditulis oleh Rinaldi Munir. Sedangkan pohon heap bisa anda temukan di internet. Google saja ...

    Bila anda masih bingung, boleh hubungi saya di email saya.

    Trims,
    Joni Gozali

    By Blogger Joni Gozali, At July 9, 2007 at 12:05 PM  

  • Halo, Pak Joni.
    saya sekarang sedang mendapat tugas mengenai hash function.
    di mana saya bisa mendapat referensi mengenai topik ini?
    mohon dibalas di bc_****@yahoo.com.

    terima kasih banyak, Pak Joni.

    By Anonymous Anonymous, At October 9, 2007 at 6:19 PM  

  • Hello... Hash function harusnya lebih tepat di-posting di bagian 'Kriptografi', karena hash merupakan salah satu protokol keamanan dari kriptografi. Saya punya referensi mengenai beberapa fungsi hash. Saya sudah kirim referensinya ke email anda. Silahkan diperiksa inbox / bulk mail anda.

    By Blogger Joni Gozali, At October 9, 2007 at 6:21 PM  

  • Pak,apakah ada materi atau referensi tentang algoritma greedy,koloni semut dan dijkstra???
    Terima Kasih

    Respati

    By Anonymous Anonymous, At February 13, 2008 at 6:41 PM  

  • Hello, Respati. Iya, saya punya beberapa referensi dan program dari yang anda minta. Silahkan diskusi dengan saya di email.

    By Blogger Joni Gozali, At February 13, 2008 at 10:19 PM  

  • halo pak joni...
    saya ingin menanyakan tentang apa itu tower of hanoi??
    kalau bisa penjelasan atau referensinya tolong di kirim ke e-mail saya di wan_****@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya..

    from wawan

    By Anonymous Anonymous, At February 24, 2008 at 9:44 PM  

  • Tower of Hanoi merupakan masalah klasik di dalam mata kuliah algoritma dan pemograman. Anda diharuskan memindahkan semua piringan (dari kecil sampai besar) dari suatu tower ke tower lainnya. Syaratnya, piringan yang lebih besar tidak boleh berada di atas piringan lebih kecil. Seluruhnya ada 3 buah tower. Masalah ini cukup menarik. Untuk mendapatkan referensi ini, silahkan google di internet.

    By Blogger Joni Gozali, At February 24, 2008 at 9:59 PM  

  • Pak Joni, kira2 topik apa yang cocok untuk saya dalam membangun 'search engine' dengan ruang lingkup yg kecil. Dengan hasil pencarian yang mengurut dari lengkap ke tidak lengkap, misal pencarian kata: "Java games programming".
    Maka hasilnya dari yg "Java games programming" lalu "Java games", lalu "Java" saja. Mohon sharing ilmunya. Trm Ksh.
    -Yusuf

    By Anonymous Anonymous, At March 1, 2008 at 5:57 PM  

  • Hello, Yusuf. Topik yang anda bicarakan adalah mengenai Text Retrieval. Text Retrieval membandingkan sejumlah kata-kata dengan sekumpulan teks yang telah telah disimpan di dalam database. Hal ini mirip dengan apa yang dilakukan oleh Google, namun Google bergerak dalam kapasitas Server yang sangat besar. Google memiliki sebuah program robot untuk menjelajah semua web & men-download beberapa halaman web tersebut ke server, sehingga ketika kita melakukan search / pencarian terhadap kata tertentu, Google akan membandingkan key-word kita dengan database-nya dan menampilkan website yang memiliki hubungan dengan key-word dan diurutkan berdasarkan prioritas. Hingga saat ini, algoritma pencarian Google yang cepat & tepat masih menjadi Rahasia Perusahaan & tidak dipublikasikan.

    Mata kuliah yang mempelajari hal ini adalah Algoritma & Pemograman, bagian Text Retrieval. Bila anda mempunyai buku bahasa Inggris mengenai Algoritma & Pemograman, maka anda bisa menemukan banyak metode Text Retrieval yang dapat diterapkan untuk membuat search-engine.

    By Blogger Joni Gozali, At March 2, 2008 at 10:00 AM  

  • halo pak joni
    saya ari, saya mahasiswa semester akhir jurusan teknik informatika. Saya merasa kebingngan untuk mencari judul tugas akhir. Mungkin bapak bisa membantu saya. Pengenya sih klo nggak tentang jaringan ya tentang sistem informasi. Saya tertarik dengan sms gateway jg. Mungkin jg bisa menggunakan PHP dan MYSQL. Saya bingung mencari kasus yang bisa dijadikan judul tugas akhir. Mungkin bapak bisa membantu.
    Makasaih pak.

    By Blogger Unknown, At May 18, 2008 at 1:25 PM  

  • Hai, Ari... Saya keluar kota dalam beberapa hari ini, sehingga baru bisa membalas posting anda sekarang.

    SMS Gateway merupakan topik yang lumayan menarik. Anda bisa menghubungi saya melalui email untuk diskusi lebih lanjut.

    By Blogger Joni Gozali, At May 24, 2008 at 8:39 AM  

  • Pak.......saya ingin menanyakan ttg algortima semut.....
    Saya ingin membvuat aplikasi penjadwalan dgn algoritma itu....Ap bpk bisa membantu??
    Twrima kasih...

    By Blogger anti, At June 16, 2008 at 11:22 AM  

  • Hai, Anti ... Algoritma semut adalah salah satu algoritma optimasi. Saya sendiri belum pernah meng-implementasikan algoritma semut untuk penjadwalan. Karena setahu saya, algoritma semut banyak digunakan untuk mencari shortest path.

    Untuk penjadwalan, saya bisa membuatnya dengan menggunakan metode lain, tetapi bukan algoritma semut.

    By Blogger Joni Gozali, At June 17, 2008 at 9:06 AM  

  • Kl begitu algoritma apa yg bpk gunakan untuk membuat aplikasi penjadwalan?

    Saya akan membuat aplikasi penjadwalan pak...tp masih bingung mau menggunakan algoritma apa.....

    Makasih atas jawabannya ya pak.......

    By Blogger anti, At June 19, 2008 at 8:16 PM  

  • Hai, Anti. Anda boleh mencoba metode pewarnaan simpul graf untuk melakukan penjadwalan. Beberapa diantaranya adalah Recursive Largest First dan Welch Powell. Untuk referensi lengkap mengenai cara kerjanya, anda bisa search di google.

    By Blogger Joni Gozali, At June 20, 2008 at 12:40 AM  

  • haloww, maaf saya ingin bertanya saya sekarang sedang membuat simulasi mengenai algoritma semut dan penerapannya ke dalam kasus TSP, kira2x apakah ada referensi mengenai topik ini. saya binggung pada bagian prilaku semut yang pergi dan pulang ketika mencari makan dengan menggunakan feromon. terima kasih atas perhatiannya.

    with respect,
    yuan.

    By Anonymous Anonymous, At February 11, 2009 at 10:09 PM  

  • pak, saya mahasiswa tingkat akhir. rencananya sih pengen bikin skripsi tentang data warehouse, data mart, atau struktur data. kira2 topik apa ya yg bs saya angkat untuk msg2 tema tersebut.
    bapak, punya referensinya ak?
    trima kasih

    By Blogger onta cyber, At February 24, 2009 at 1:53 AM  

  • Maaf, buat semua pengunjung blog ini, saya tidak sempat membalas semua pertanyaan anda di blog saya, karena kesibukan saya. Sebagian besar sudah menghubungi saya di email dan saya sudah balas. Untuk pertanyaan yang belum dibalas atau ada pertanyaan lain, bisa langsung didiskusikan di email saya: joni.gozali@gmail.

    By Blogger Joni Gozali, At March 17, 2009 at 11:23 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home