Skripsi Teknik Informatika | Tugas Akhir Teknik Informatika | Referensi Skripsi TI Online

Wednesday, July 16, 2008

Topik Bahasan: Game Jaringan

Game Jaringan sering juga disebut multiplayer game, karena dapat dimainkan oleh beberapa user sekaligus dalam suatu jaringan (apakah itu jaringan lokal LAN atau jaringan internet). Game jaringan sangat populer karena alasan kenyamanan dan ruang (space). User tidak perlu berebut pandangan dalam satu monitor dengan user lain, user dapat merancang strategi permainan di depan komputernya sendiri, tidak terbatas oleh ruang (antar kamar, gedung bahkan antar negara). Game Jaringan yang sederhana dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Visual Basic dan menggunakan komponen Winsock.

Bila anda memiliki pertanyaan mengenai pembuatan game jaringan dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.

Contoh game jaringan yang bisa dijadikan topik skripsi teknik informatika adalah game Halma online, game Tic-Tac-Toe online, game Battle Ship online, game Othello online, game Domino online dan banyak lagi permainan antara beberapa orang yang dapat dibuat menjadi game jaringan.

51 Comments:

  • Hai, saya ingin bertanya mengenai dasar dari game jaringan. Bagaimana sebenarnya game jaringan dibuat? Apakah koneksi antar komputer juga kita yang buat codingnya? Ataukah sudah ada tools/komponen yang bisa dipakai? Trims, pak Joni.

    By Anonymous Anonymous, At July 4, 2007 at 9:37 AM  

  • Wah kalau koneksinya dibuat sendiri dengan menggunakan assembly, bakalan kapok programmer Indonesia atau anda tidak akan selesai2 skripsinya.ha2x :-p Yang paling mudah dan paling umum yang dilakukan untuk membuat game jaringan adalah menggunakan komponen windows socket atau yang dikenal dengan winsock.

    Di aplikasi vb dan delphi, terdapat komponen ini. Mudah untuk digunakan. Kita hanya menggunakan perintah dari winsock untuk koneksi, mengirim atau menerima data antar komputer. Demikian penjelasannya. Trims.

    Joni Gozali

    By Blogger Joni Gozali, At July 4, 2007 at 10:32 AM  

  • hallo pak joni
    saya ingin meminta teori, cara kerja, software/tools, bahkan kamus he..he.. berjanda eh bercanda,, atau apapun yang berhubungan dengan game jaringan apalagi game online?

    thx before

    By Blogger Fais, At July 5, 2007 at 2:06 PM  

  • Hai juga izal. Di dalam aplikasi Visual Basic, disediakan sebuah komponen yang dinamakan 'winsock'. Kerja winsock ini adalah mengirimkan dan menerima pesan antar komputer. Istilahnya, winsock ini adalah gateway-nya, perantara komunikasi antar komputer.

    Wajarnya, 1 komponen winsock dapat digunakan untuk melakukan koneksi terhadap 2 komputer, server dan client. Winsock di komputer server harus diaktifkan dulu sebelum komputer client. Server menggunakan syntax 'listen' u/ standby bila2 ada permintaan dari client untuk connect. Sedangkan client menggunakan syntax 'connect' dan ip address server. Bila ip benar, maka winsock akan ter-connect dan komunikasi pun dapat dilakukan dengan mengirim dan menerima pesan antar komputer.

    Untuk contoh game jaringan, anda bisa download dan pelajari di planet source code.

    Sekian. Bila masih ada yang belum jelas, bisa hubungi saya di joni.gozali@gmail.com.

    Semoga bermanfaat.
    Joni Gozali.

    By Blogger Joni Gozali, At July 5, 2007 at 2:33 PM  

  • mau gabung dulu aku

    By Blogger maskuri, At July 30, 2007 at 8:23 PM  

  • Iya, maskuri - Gabung saja. Anda akan mendapatkan referensi judul skripsi teknik informatika secara gratis. Ayo isikan nama dan email anda di bawah halaman depan blog ini.

    By Blogger Joni Gozali, At July 31, 2007 at 7:00 PM  

  • Pak Joni, saya baru saja gagal dalam membuat skripsi, dan skrg sedang mencari judul baru...

    kira2 game apa yg mudah dibuat dan metode apa saja yang bisa dipakai buat game... mengingat di kampus saya banyak sekali metode yg sudah dipakai.

    tidak bisakah saya memesan 50 referensi itu pak, saya sangat membutuhkannya T_T

    By Anonymous Anonymous, At December 8, 2007 at 4:59 AM  

  • Hai, kenichi. Penawaran untuk referensi 50 topik telah ditutup. Penawarannya akan dibuka kembali awal tahun 2008. Tunggu saja kabar dari blog ini :)

    Mengenai metode dalam pembuatan game, kira2 game apa yang ingin anda buat? Untuk konsultasi, silahkan email saya saja.

    By Blogger Joni Gozali, At December 8, 2007 at 10:32 AM  

  • pak joni, saya baru mau membuat skripsi, tetapi saya bingung menentukan judul skripsi saya, dari informasi yg ada,saya tertarik dengan membuat game menggunakan aplikasi VB, hanya saja, saya minta contoh tampilan game nya dan kalau bisa code nya. saya kesulitan dalam menghubungkan data yang satu dengan yang lain, seperti LAN, dengan menggunakan VB, tolong pak, tips dan trik nya

    By Blogger adek, At January 8, 2008 at 6:30 PM  

  • Hai, adek. Maaf, comment anda rupanya belum ditampilkan oleh blog saya. Untuk membuat aplikasi game jaringan dengan menggunakan VB, anda terutama harus menguasai komponen winsock, karena komponen ini yang digunakan untuk menghubungi beberapa komputer sekaligus.

    Winsock yang sudah terkoneksi, dapat mengirim / menerima pesan dari komputer2 yang dihubungkan. Mengenai aplikasi winsock ini, anda dapat men-google-nya atau cari di bagian HELP MSDN. Semoga bermanfaat :)

    By Blogger Joni Gozali, At January 16, 2008 at 12:41 PM  

  • pak gozali untuk lebih memudahkan dalam membuat game apakah kita bisa maen editing saja script game yg pake VB ato lebih enak kalo kita bikin sendiri game tersebut? karena saya masih bingung dalam menggunakan winsock.oiya kalo ada boleh tidak saya minta link atau tutorial tentang penggunaan winsock trims

    By Blogger NoT - ALowED, At January 18, 2008 at 5:15 PM  

  • Hello, TheNocturno. Kalau saya sich memilih untuk membuat game dari awal. Karena seluk beluk teknik programming-nya kita kuasai, sehingga bila ingin diperbaiki / di-upgrade / ditambahkan fitur, maka kita tidak akan kesulitan untuk melakukannya (coz we're the owner of our source-code). Penggunaan winsock sebenarnya susah-susah gampang. Relatif mudah, bila anda sudah menguasai perintahnya & kapan harus menggunakan event-event winsock tersebut.

    Untuk referensi penggunaan winsock, anda bisa coba meng-install MSDN (help file untuk Microsoft Visual Studio, termasuk VB).

    Sekedar informasi, topik game jaringan juga termasuk dalam penawaran skripsi terbatas pada bulan ini (Januari 2008). Untuk info lebih lengkap, silahkan lihat di page penawarannya (link-nya ada di bagian atas blog halaman depan). Sekian info dari saya.

    By Blogger Joni Gozali, At January 18, 2008 at 11:45 PM  


  • dear joni aq itu itu skrg cari judul yang berbau linux and boleh minta cara kerja jaringan LTSP dengan layanan DCHP,TFTP,NFS,XDCMP PLSSS ya dbls thx mr joni oh ya dina lpa dina pke sitem operasi linux mandriva 2007

    By Anonymous Anonymous, At February 5, 2008 at 9:11 AM  

  • Hello, Dina ... Maaf, saya kurang berpengalaman dalam setting server pada sistem operasi linux. Sampai saat ini, saya masih menggunakan Windows. Pernah sekali saya coba install linux, tapi versinya Mandrake Linux dan sudah di-uninstall juga dari komputer saya. Anda sendiri coba saja google di internet. Mudah2an bisa mendapatkan referensi yang dapat membantu anda.

    By Blogger Joni Gozali, At February 5, 2008 at 12:58 PM  

  • "There was an error when you subscribed Please try again or email us: Code is invalid"

    ketika validasi penerimaan email di klik kok yang kluar malah ginian... knp ya pak..

    By Anonymous Anonymous, At February 7, 2008 at 2:39 AM  

  • Hello, Steve ... Coba klik validasi email saya di lain waktu, karena berhubung mungkin engine saya sedang sibuk waktu itu.

    By Blogger Joni Gozali, At February 7, 2008 at 11:47 PM  

  • allo Pa Jo...(biar lbh mantepp).
    sblmnya saya mau buat TA dg tema sms gateway, tap pas dpt referensi dari pa Jo sy jd tertarik mo bahas ttg game multiplayer.
    Saya mo tanya dulu neh, kira2 kalo mau buat game battle ship, desain tampilannya pake apa ?? trus kalo ada cnth programnya tlg di kirim ke email saya..(plus Src codenya..hehe)
    oh ya, sekalian dijelasin mengenai winsocknya...trims Pak..

    By Blogger Unknown, At February 10, 2008 at 2:18 PM  

  • Hai, Ahmad ... Saya punya beberapa topik jaringan + source-code dalam paket penawaran saya. Di dalamnya, sudah termasuk penjelasan mengenai winsock, komponen vb yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer lewat jaringan. Silahkan pesan paket ini dan dapatkan full-source-code dari program game jaringan. Sekedar informasi, tinggal tersisa beberapa tempat lagi.

    By Blogger Joni Gozali, At February 11, 2008 at 9:51 AM  

  • pak... saya sangat tertarik ketika saya membaca topik ini.... sekarang saya sedang mengerjakan TA.... kira2 kalo seandainya saya mengajukan judul yaitu "konfigurasi game server pada jaringan" namun saya menggunakan software server yang sudah ada dan client hanya mengedit juga dari yang sudah tersedia... kira2 apa itu diperbolehkan ya??? ohh iya.... game yang saya ingin saya jabarkan yaitu (RYL)

    tolong pak pencerahanya... coz saya sangat bingung untuk melakukan penulisan...

    By Blogger reinhart, At February 18, 2008 at 10:19 AM  

  • Hello, Rein ...

    Jadi, anda ingin membuat game RYL (Risk Your Life) yang dapat dimainkan dalam jaringan lokal (LAN)? Dari cerita anda, sepertinya game RYL berbasis open-source ya? Jadi, anda hanya meng-edit program server & client yang dibagikan secara gratis. Kalau saya boleh tahu, game ini dibuat dalam bahasa apa ya? Karena saya belum pernah memainkan game online ini, saya pikir anda harus mempertimbangkan kerumitan dari game ini sebagai skripsi anda. Bila game ini rumit, anda akan mengalami kesulitan2 dalam masa pra-sidang anda. Ini dikarenakan anda akan menemukan kesulitan dalam melakukan perubahan / perombakan yang diinginkan dosen anda terhadap game ini, karena source-code dari game ini bukan anda yang buat.

    Untuk topik jaringan, saya pikir anda bisa mencoba membuat board-game, seperti: othello, halma, domino, kartu remi, dll .... sebagai skripsi anda. Bobot dari permainan ini sudah cukup dijadikan skripsi. Bila anda menggunakan bahasa pemograman VB, maka anda harus menggunakan komponen winsock sebagai jembatan koneksi antar komputer dalam suatu jaringan. Penggunaan winsock sebenarnya cukup sederhana bila anda telah memahami prosedur koneksinya dengan baik. Bila anda punya pertanyaan lain, anda bisa menghubungi saya melalui email. Sekian informasi dari saya.

    By Blogger Joni Gozali, At February 18, 2008 at 11:07 AM  

  • pak saya erdian mau tanya paket skripsinya masih ada..?? dan paket2 itu memakai program apa saja,,??
    saya sudah daftar tapi belum mendapat balasan

    By Anonymous Anonymous, At February 25, 2008 at 1:24 PM  

  • Hai, Erdian. Saya belum menerima email apa pun dari anda. Silahkan baca petunjuk pemesanan paket dengan baik. Program yang saya buat menggunakan bahasa VB. Bila anda berminat, bergegaslah, karena hanya tersisa beberapa slot lagi (anda juga boleh call saya langsung). O ya, jangan lupa juga meng-add email saya dalam address-book di email anda.

    By Blogger Joni Gozali, At February 25, 2008 at 2:38 PM  

  • adakah judul skripsi yang lebih spesifik lagi tentang mikrokontroler?tolong ya Pak Joni.....
    atau kalo ada juga tentang administrasi kuliah Online lewat Handphone, maksudnya menyelesaikan SKS (sistem kredit smester) lewat HP, melihat Indeksprestasi lewat HP, atau mengedit matakuliah yang diambil melalui HP
    tolong ya Pak Joni

    Terima kasih sebelumnya ^_^

    By Blogger jopy2020, At March 5, 2008 at 9:10 PM  

  • Hello, Jopy. Maksud anda referensi ya? Saya tidak punya referensi untuk mikrokontroller atau SI Akademik. Untuk SI Akademik, anda buat saja aplikasinya dengan menggunakan java, karena akan mendukung pengoperasian wap pada handphone. Dengan demikian, hp bisa digunakan untuk mengecek semua informasi pada web tersebut. Untuk referensi lengkap, saya tidak punya. Maaf, tidak bisa membantu.

    By Blogger Joni Gozali, At March 5, 2008 at 9:46 PM  

  • halo pak joni saya ingin bertanya selain dalam game jaringan winsock dpt di kembangkan dalam hal apa ? terima kasih

    By Anonymous Anonymous, At March 19, 2008 at 9:05 AM  

  • Hai, Anonymous. Fungsi winsock adalah sebagai gerbang komunikasi (penghubung) antar komputer yang terhubung dalam satu jaringan LAN yang sama. Jadi, semua aplikasi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu wadah, bisa menggunakan winsock. Contohnya adalah: Aplikasi Chatting / Messenger, Aplikasi Voting, Aplikasi Ujian Online melalui Jaringan LAN dan aplikasi online lainnya.

    By Blogger Joni Gozali, At March 19, 2008 at 9:40 AM  

  • Aloo gue agil,,,skrang gue lg mu nyusun skripsi niehhh<<<<
    gmn klo bwt game nya dari bhs pemogramanya pake Delphi6.0

    By Anonymous Anonymous, At April 2, 2008 at 2:47 PM  

  • Hello, Anonymous (kalau bisa, tolong diisi nama anda di bagian Name/URL). Menurut saya, semua bahasa pemograman sama saja. Inti dari programming adalah logika berpikir anda dalam merancang algoritma2 hingga dapat menghasilkan sebuah aplikasi yang berfungsi sesuai dengan keinginan anda. Jadi, syah saja bila anda menguasai Delphi dan ingin menggunakannya untuk menyelesaikan skripsi anda.

    By Blogger Joni Gozali, At April 3, 2008 at 12:45 AM  

  • Salam kenal pak Joni:)

    Wah, brmanfaat bgt ni ya blog tuk kita2 yg lg susun skripsi.. mantepp:P

    Oya pak, saya jg trtarik untuk mngambil topik game jaringan sbgai TA saya..

    Cm saya lbh senangnya make flash. Rencana mo buat game multiplayer sjenis GunBound

    Nanya, pak Joni da referensi/tutorial yg spesifik ttg pmbuatan game multiplayer mnggunakan Flash 8.0 ga ya?
    Juga kira2 aplikasi fisika gamenya / rumus2 dll, kayak gerak parabola yg dipengaruhi variable angin, gesekan udara dll?

    Thx pak sblmnya.
    Oya, di bagian blog bwh bpk sdh saya isi dgn nama dan email saya, cm blm mnerima email balasannya dari bapak.. thx

    By Blogger Unknown, At April 16, 2008 at 2:37 PM  

  • Hai, Cross. Saya tidak mempunyai game flash yang digunakan untuk membuat game jaringan, karena saya tidak tahu komponen flash yang digunakan untuk jaringan.

    Mengenai engine saya, memang dalam beberapa hari ini engine saya cukup sibuk. Silahkan isikan nama email anda dengan gmail sebagai email provider.

    By Blogger Joni Gozali, At April 17, 2008 at 12:23 AM  

  • pak joni,saya tertarik untuk membuat sebuah game offline pada skripsi saya nanti.Tapi saya kurang pandai dalam membuat animasi,bisa bapak kasih saya masukan ide?,game apa yang bisa saya bikin(dengan flash/Visual Basic),terimakasih sebelumnya

    By Blogger nidya, At April 17, 2008 at 8:39 AM  

  • hmm gt ya pak. sip.

    Btw, da refrensi untuk pembuatan game spt gunbound gt, trutama algoritma untuk menghitung jalur tembakan plurunya dgn pngaruh input: kkuatan/kcepatan awal tembakan (Vo), sudut tembakan, adanya unsur gesekan/hambatan udara, plus pengaruh arah kecepatan angin??

    Kalo ada, minta refrensinya dari bapak ya. thx

    CAPTCHA dijadiin TA bs ga pak kira2? Metodenya gmn2 ja tu?
    Kira2 permasalahan dari CAPTCHA sndiri mnrt pak Joni gmn? Gampang2 susahkah, jd ragu apa bs dtrima jd TA d kampus gw ga ya??
    Oya pak, skalean kl bpk da refrensi ttg judul2 TA bs disen ke email saya pak.

    Saya trtarik jg tuk mmbahas kriptografi

    By Blogger Unknown, At April 17, 2008 at 10:04 AM  

  • Hai, Nidya. Untuk game offline yang tidak terlalu rumit, anda bisa mencoba membuat board game, bisa berupa: ular tangga, halma, ludo, catur, atau permainan kartu (spt: kartu cangkul, black jack, dll). Untuk game offline, sebagai tambahan anda tentunya harus menambahkan AI Komputer sebagai lawan dari user.

    By Blogger Joni Gozali, At April 17, 2008 at 10:15 AM  

  • Hai, Cross. Saya tidak punya referensi game untuk GunBound.

    Untuk captcha, setahu saya adalah teks yang harus di-input oleh user ketika submit sebuah form pada web, untuk menghindari spammers (yang menggunakan program untuk melakukan spam). Yang paling penting dari capthca, adalah susunan gambar teks yang sulit dibaca oleh program komputer. Dalam hal ini, diharapkan hanya user yang dapat membaca teks gambar tersebut.

    Untuk diskusi atau referensi judul skripsi, silahkan menghubungi saya melalui email.

    By Blogger Joni Gozali, At April 17, 2008 at 4:13 PM  

  • pak,gimana saya bisa dapet referensi yang saya pengen?

    By Anonymous Anonymous, At May 28, 2008 at 6:01 PM  

  • Hai, Bakti. Referensi skripsi apa yang anda butuhkan? Silahkan hubungi saya di email.

    By Blogger Joni Gozali, At May 29, 2008 at 9:53 AM  

  • mau tanya ni pak, kalo bidnag minat jaringan, yang gampangan bikin skrispsi seperti apa ya?
    terima kasih

    By Anonymous Anonymous, At August 26, 2008 at 7:28 PM  

  • Hai, Hendrik Benyamin.Untuk jaringan, anda bisa mencoba games online, aplikasi yang berhubungan dengan network, seperti: Remote Admin. Anda bisa juga mencoba topik yang berhubungan dengan web. Atau ambil suatu metode jaringan yang bisa dibuat model & simulasinya.

    By Blogger Joni Gozali, At August 26, 2008 at 7:32 PM  

  • pa..klo buat game flash dengan jaringan gmn caranya ya?
    makasi

    By Anonymous Anonymous, At September 1, 2008 at 12:06 PM  

  • Hai, anonymous. Saya sendiri tidak pernah membuat aplikasi game jaringan dengan flash. Tetapi, setahu saya, flash memiliki komponen socket khusus yang berfungsi seperti winsock pada VB. Coba anda google di internet untuk menemukan penjelasan yang lebih detil.

    By Blogger Joni Gozali, At September 2, 2008 at 1:25 AM  

  • mau tanya pak, Remote Admin seperti apa ya?

    By Anonymous Anonymous, At September 3, 2008 at 2:15 PM  

  • Hai, Anonymous. Remote Admin adalah software bagi sebuah komputer untuk melakukan remote (kontrol) terhadap komputer lainnya. Untuk aplikasi ini, user yang ada pada komputer pengendali, bisa mengendalikan komputer lain, seperti layaknya user dari komputer yang dikendali tersebut.

    Anda bisa mencoba untuk mencari dan men-install software Remote Administrator. Silahkan coba google saja.

    By Blogger Joni Gozali, At September 4, 2008 at 1:22 AM  

  • helo pak joni
    sebenarnya saya tidak sedang mengerjakan TA karena saya sekarang
    masih semester 3, tapi saya tertarik untuk segera bisa membuat game
    jaringan karena TA2 di program studi saya sebelumnya sepertinya
    belum ada yang buat semacam game jaringan. saya maw tanya, apa di
    C# ada winsock yang berfungsi seperti yang sudah anda jelaskan seperti
    di atas, kalo g ada saya harus pakai apa pak ?

    By Anonymous Anonymous, At September 26, 2008 at 1:09 PM  

  • Pak Gozali, saya butuh bantuan untuk skripsi di bidang jaringan. Kira2 judul yg cocok apa ya...?

    Oya, apa pak Gozali referensi skripsi di bidang jaringan dan router cisco?

    Terima kasih.. :)

    By Blogger agoy3012, At October 12, 2008 at 5:49 PM  

  • halo pak joni..
    saya ingin bertanya mengenai game jaringan..saya ingin meminta tentang teori,cara kerja, software yang digunakan tentang game jaringan. dan disitus mana saya bisa mencari tentang game jaringan ini.

    By Anonymous Anonymous, At October 25, 2008 at 5:15 PM  

  • asslam....
    bleh gabungkan...??
    bisa g'digambarkan dikit gmana yang dimaksud dengan game jarngan tu..
    mksh..

    By Blogger aal, At October 31, 2008 at 7:44 PM  

  • Hai, saya ingin bertanya mengenai dasar dari game jaringan dan bisa g' diceritain dikit tentang gamenya. Bagaimana sebenarnya game jaringan dibuat? Apakah koneksi antar komputer juga kita yang buat codingnya? Ataukah sudah ada tools/komponen yang bisa dipakai? Trims, pak Joni.

    By Anonymous Anonymous, At October 31, 2008 at 7:47 PM  

  • hai..pak joni saya maw bikin game offline untuk skripsi saya..enaknya pakek program apa ya pak??

    By Anonymous Anonymous, At November 6, 2008 at 4:38 PM  

  • alo pak joni, sy lagi TA skrg ttg game multiplayer bola pantul dengan 2 org saja n berbasis client-server..yang mo saya tanyakan apakah game multiplayer saya tsb boleh tidak menggunakan database/history..setau saya klo multiplayer ga ada history board kecuali game buat personal ato player vs computer.makasi pak..mohon pencerahannya

    By Blogger CK45, At December 18, 2008 at 10:17 AM  

  • hai, salam kenal pak gozali..saya christian, saat ini saya sedang bingungggggggg mau nulis skripsi tentang apa, karena selama saya kuliah saya tidak dapat apa-apa, bahkan satupun bahasa pemrograman tidak ada yang saya kuasai. Saya tertarik untuk bisa membuat game on line menggunakan flash, tapi saya bingung harus mulai dari mana..mohon pencerahan dan bantuannya pak.

    By Blogger Christian, At January 20, 2009 at 2:30 PM  

  • Maaf, buat semua pengunjung blog ini, saya tidak sempat membalas semua pertanyaan anda di blog saya, karena kesibukan saya. Sebagian besar sudah menghubungi saya di email dan saya sudah balas. Untuk pertanyaan yang belum dibalas atau ada pertanyaan lain, bisa langsung didiskusikan di email saya: joni.gozali@gmail.

    By Blogger Joni Gozali, At March 17, 2009 at 11:23 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home