Skripsi Teknik Informatika | Tugas Akhir Teknik Informatika | Referensi Skripsi TI Online

Wednesday, July 16, 2008

Topik Bahasan: Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) adalah suatu topik yang berbicara mengenai kecerdasan buatan. Bagaimana komputer berkelakuan atau bertindak seperti halnya manusia, dalam menyelesaikan suatu masalah. AI memiliki teknik/konsep yang dapat diterapkan untuk memecahkan masalah. Beberapa teknik dasar adalah metode pencarian breadth first search, depth first search, pencarian heuristik, dll. Hingga saat ini, aplikasi AI yang paling jelas dapat dilihat pada program catur yang berhasil mengalahkan Gary Kasparov (GM Catur No.1 di Dunia, padahal belum tentu pembuat program tersebut dapat mengalahkan Gary Kasparov). Aplikasi lain adalah Robot buatan Jepang yang dapat merespons dan mengenali wajah manusia.

Bila anda memiliki pertanyaan seputar bidang AI dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.

Contoh topik skripsi teknik informatika yang berhubungan dengan AI adalah algoritma penyelesaian masalah kendi air (water jug problem), masalah penyusunan blok, masalah pergeseran angka (number puzzle), algoritma pencarian Breadth First Search, Depth First Search, algoritma pencarian heuristik, dll.

90 Comments:

  • halo, pak joni ...
    Saya tertarik dengan topik AI untuk dijadikan topik tugas akhir. Saya ingin tanya: dimanakah saya bisa mendapatkan referensi topik mengenai AI?

    Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih ...

    By Anonymous Anonymous, At July 2, 2007 at 2:44 PM  

  • halo pak joni, saya skr lagi membuat tugas akhir tentang AI dengan bahasa VB, tp msh pusing dengan judul dan contohnya. mohon bantuanya.. terima kasih sebelumnya..

    By Anonymous Anonymous, At July 3, 2007 at 7:28 PM  

  • hai juga semua, anda sudah terima file attachment: judul skripsi saya? Kalau belum, bisa didapatkan dengan memasukkan email anda di bagian bawah homepage awal web ini.

    Bila setelah memasukkan nama dan email, anda belum menerima kiriman file dari saya. Anda bisa hubungi saya di joni.gozali@gmail.com.

    Trims.
    Joni Gozali

    By Blogger Joni Gozali, At July 4, 2007 at 9:52 AM  

  • halo..
    nama saya effendi
    saya sudah mengirim email konfirmasi ke anda, saya bingung mencari judul dan referensi u/ pembuatan skripsi saya
    saya memohon bantuannya untuk hal tersebut..
    terima kasih..

    By Anonymous Anonymous, At July 10, 2007 at 9:44 AM  

  • Hai...

    Effendi, bila anda melakukannya sesuai prosedur, anda akan mulai menerima referensi topik skripsi teknik informatika bagian-1 dan bagian-2 dalam 2 hari ini. Cek mail anda dan konfirmasikan ke saya (joni.gozali@gmail.com) bila anda tidak menerima forward mail apapun. Saya akan kirimkan file-nya secara manual ke email anda.

    Sedikit ralat, sebenarnya email konfirmasi (yang dikirimkan engine saya) harusnya di-klik link yang ada di dalamnya dan bukannya dikirim kembali ke saya :)

    Sukses untuk skripsi anda,
    Joni Gozali

    By Blogger Joni Gozali, At July 10, 2007 at 10:03 AM  

  • Halo kak Joni..
    Saya Gilbert..ingin menanyakan tentang Algoritma untuk membuat Othello..mungkin kak Joni bisa kasih gambaran sedikit kepada saya..

    Thx banget ^^

    By Anonymous Anonymous, At July 10, 2007 at 4:25 PM  

  • Hai, Gilbert ...

    Maksud anda, algoritma AI-nya atau cara berpikir komputer dalam permainan Othello ya?

    Nah, sebelum kita membuat cara berpikir komputer (AI), terlebih dahulu anda harus menuliskan pemikiran manual anda dalam menghadapi lawan ketika bermain Othello. Ini akan menjadi dasar dan poin-poin penting untuk diprogramkan menjadi AI komputer.

    Menurut pemikiran saya, beberapa poin penting untuk memenangkan permainan Othello adalah sbb:
    1. Rebut posisi sudut dari papan bila memungkinkan dan sebisa mungkin menghindari penempatan posisi yang akan membuat user bisa merebut posisi sudut dari papan permainan.
    2. Sebisa mungkin rebut semua sisi / tepi dari papan permainan.
    3. Bila poin no-1 dan poin no-2 tidak memungkinkan, maka letakkan biji Othello pada posisi yang akan memakan biji Othello terbanyak dan usahakan jalur makan adalah diagonal.

    Untuk AI dasar Othello sebagai skripsi teknik informatika anda, saya pikir 3 poin di atas cukup.

    Trims.
    Joni Gozali

    By Blogger Joni Gozali, At July 11, 2007 at 12:07 AM  

  • pak joni thx buat web-nya, bnyk ide baru stlh baca usulan topik yg ditawarkan.
    sekedar usulan, mgkn bapak bisa menyertakan url yg bisa dijadikan referensi dibwh topik yg ditawarkan..
    saya tertarik dgn perancangan AI, misalnya topik sekitar merancang chat boot yg sekaligus memiliki proses learning database. Mungkin bapak bisa memberi usulan kira" topik yg sesuai..
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih..

    By Blogger Unknown, At July 16, 2007 at 11:03 AM  

  • pak joni saya lagi mau buat skripsi mengenai AI, ada referensi metode2 AI tentang jalur terpendek? thanks a lot for ur help before. God Bless

    By Blogger abigail, At July 17, 2007 at 11:05 PM  

  • Hai semuanya ...
    Maaf, saya off semalam.

    u/ Andrew:
    Trims untuk testimoni anda, karena telah menghargai blog ini.
    Wah menurut saya, kalau membuat chat bot sudah terlalu rumit untuk dijadikan skripsi.h3x. Kerumitannya terletak pada bagimana cara menganalisa pertanyaan yang diberikan. Setiap user memiliki cara bertanya yang berbeda-beda. Saya pernah dengar mengenai ALICE bot. ALICE bot memiliki learning database, seperti yang anda katakan dan merupakan mesin chat yang tangguh. Anda coba cari di google.

    u/ Abigail:
    Metode terpendek dalam AI adalah hal yang lumrah. Metode terpendek (shortest path) bisa didapatkan dengan menggunakan metode pencarian Breadth First Search / BFS (solusi yang pertama ditemukan adalah solusi terpendek) atau algoritma Djikstra untuk mencari path terpendek di dalam graf. Untuk referensi berbahasa inggris, anda bisa google di internet. Untuk referensi berbahasa indonesia, anda bisa email saya.

    Ok, take care all ...
    Sukses untuk skripsi anda,
    Joni Gozali

    By Blogger Joni Gozali, At July 18, 2007 at 12:03 AM  

  • Assalamu alaikum wr wbr
    Kebetulan ni Pa , saya sedang membuat TA sistem penyelesaian logis berbasis web.Dari referensi yang saya baca kebanyakan AI berbasis prolog,saya bingung bagaimana cara mengaplikasikan teknik2 yang dimiliki prolog dalam menyelesaikan masalah(contohnya teknik pencarian dengan metode bactracking)dengan basis php+database, barangkali bapak bisa membantu saya? sebelum dan sedudahnya saya ucapkan terimakasih...

    By Anonymous Anonymous, At July 18, 2007 at 10:01 AM  

  • Hai, Mr.X (anonymous)...

    Penerapan teknik pencarian AI di dalam referensi yang saya bagikan tidak terlalu rumit. Untuk BFS dan DFS, anda hanya perlu membuat sebuah struktur variabel array (dengan beberapa properti) sebagai representasi dari sebuah pohon. Selanjutnya anda hanya perlu mengikuti alur / prosedur sesuai dengan metode pencariannya.

    Untuk metode backtracking, pencarian akan dimulai dari sebuah kondisi awal dan langsung dicari solusi yang mungkin. Apabila langkah pencarian tidak memungkinkan dicapainya solusi (misalnya: melanggar aturan yang ada atau bukan solusi yang diharapkan) maka pencarian berbalik satu langkah ke belakang, untuk kemudian mengambil jalan lain. Mungkin karena itulah, maka disebut metode backtracking. Backtracking termasuk juga ke salah satu kategori pencarian heuristik.

    Fungsi database di dalam AI adalah sebagai basis pengetahuan bagi metode AI yang diterapkan. Biasanya digunakan oleh pencarian heuristik, karena pencarian heuristik adalah pencarian terbimbing (lebih cepat dan efisien). Oleh karena itu, heuristik membutuhkan database sebagai basis pengetahuannya.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    Joni Gozali

    By Blogger Joni Gozali, At July 18, 2007 at 2:43 PM  

  • halo pak joni...
    saya tertarik tentang sistem pakar tentang kesehatan..dan software apa yang harus digunakan? mohon bantuan...

    By Blogger rika_pooh, At July 25, 2007 at 12:47 PM  

  • Hai Rika ...
    Sebenarnya, ada software khusus untuk sistem pakar. Namanya eClips, dibangun dengan Microsoft Visual C++. Anda hanya tinggal coding - memasukkan aturannya saja.

    Disediakan versi lengkap di internet, termasuk source code. Bisa digoogle. Bila anda tidak menemukannya, bisa email saya dan saya akan bagikan untuk anda. (Saya harus cari lagi, coz sudah lupa taruh di mana h3x ..)

    Sebenarnya dengan menggunakan visual basic 6 pun bisa membuat sistem pakar. Maaf sekali, untuk visual prolog, saya belum pernah memakai bahasa pemograman tersebut dan kurang ngerti. Trims :)

    By Blogger Joni Gozali, At July 25, 2007 at 11:38 PM  

  • terima kasih pak joni...
    saya tidak menemukan eClips..mohon bantuannya....TKS

    By Blogger rika_pooh, At July 30, 2007 at 1:52 PM  

  • Wah, ntah programny ud trhapus blum? Ntar coba saya cari. Kl ada, saya email dh.

    By Blogger Joni Gozali, At July 30, 2007 at 3:16 PM  

  • buat Mr Joni

    Saya tertarik dengan topik GAME AI untuk TA saya. saya programer dengan java. apakah Om Joni bisa kasih referensi untuk membuat game dengan AI dengan menggunakan Java? mohon bantuannya. terima kasih sebelumnya...

    By Anonymous Anonymous, At August 29, 2007 at 8:55 PM  

  • Hello, Mr.Anonymous ...

    Dalam game, AI berfungsi sebagai lawan main. Beberapa game yang dapat menggunakan AI adalah:
    1) Board-Game (seperti: game Othello, game Halma, game Ludo,dll).
    2) Card-Game (seperti: permainan kartu bridge/poker, cangkul, domino).
    3) Game Pinball 2 orang (spt: yang ada di Timezone)
    4) Permainan susun kata scrabble
    5) dan semua permainan yang sifatnya kompetitif dan harus bisa dimainkan oleh 2 orang atau lebih.

    Semoga bermanfaat. Sukses untuk Skripsi Anda.

    Saya adalah murni programmer VB, ASP dan PHP. Saya tidak menguasai java. Salam kenal untuk anda - sesama programmer :)

    By Blogger Joni Gozali, At August 29, 2007 at 11:27 PM  

  • Halo, Pak joni...

    Saat ini saya sedang bingung mencari topik untuk skripsi. Saya adalah mahasiswa jurusan komputasi statistik. Saya tidak menguasai pemrograman apapun secara mendalam. Paling saya hanya menguasai dasar-dasarnya saja. Yang saya butuhkan adalah topik skripsi yang berhubungan dengan teknik informatika tetapi juga harus ada hubungannya dengan statistik.

    Saya mohon Pak Joni mau membantu saya untuk dapat menemukan topik skripsi yang sesuai dengan jurusan dan kemampuan saya.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih...

    By Blogger Unknown, At September 11, 2007 at 1:22 PM  

  • Hello, Hanung ...

    Yang saya miliki adalah referensi perangkat lunak ajar statistika dasar. Menjelaskan semua langkah-langkah metode dasar dalam mencari nilai-nilai statistik.

    Sepengetahuan anda, topik skripsi yang berhubungan dengan statistik itu apa? Mungkin dari judul skripsi lulusan universitas anda?

    By Blogger Joni Gozali, At September 11, 2007 at 1:50 PM  

  • salam sukses pak joni..
    saya sangat tertarik dalam proyek
    AI untuk proyek tugas mandiri dsan skripsi saya..
    1.tapi kira2 buku apa yg bisa memandu saya?
    2.bahasa pemrograman yang digunakan menggunakan bahasa apa?

    sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya..

    By Blogger extreme fhc, At November 5, 2007 at 1:07 PM  

  • Hai, cheetah ....

    Sayangnya, anda tidak menceritakan lebih jelas, apa yang akan anda buat dalam tugas & skripsi anda.

    Secara umum, untuk AI, anda cukup menggunakan program Visual Basic untuk merancang interface program & algoritma. Untuk buku, anda bisa mencoba membaca buku lokal (karya sri kusuma dewi atau karya anita desiani), anda bisa menemukannya di toko buku gramed. Bila anda punya buku luar negeri, maka ini lebih bagus, karena pembahasan yang ada lebih detil.

    Sukses untuk Skripsi Anda ... ^_^

    By Blogger Joni Gozali, At November 5, 2007 at 3:38 PM  

  • halo kak joni...salam kenal.
    saya tertarik dg topik AI utk dijadikan topik TA. saya ingin ambil sistem pakar diagnosa penyakit...
    saya tanya: metode apa yg baru/jarang dipakai dalam sistem pakar diagnosa penyakit?
    selain forward chain, backward...

    kalau tentang hybrid knowledge expert system, kak joni punya referensinya?

    trima kasih banyak ya..

    By Anonymous Anonymous, At November 24, 2007 at 11:00 PM  

  • Hai juga, anonymous ...

    Untuk referensi sitem pakar, sebenarnya anda bisa mencarinya di buku-buku AI yang beredar di toko buku. Di salah satu buku AI, yang ditulis oleh Sri KusumaDewi, dibahas mengenai sistem pakar dengan metode forward & backward chaining. Untuk hybrid knowledge expert system, saya belum pernah mempelajarinya. Maaf, saya tidak bisa membantu. Anda bisa mencoba mencarinya di google dan mudah2an anda bisa mendapatkannya ^_^

    By Blogger Joni Gozali, At November 24, 2007 at 11:59 PM  

  • halo ,pak joni salam kenal
    saya steve. sekarang saya sedang membuat skripsi mengenai penggunaan intelligent agent untuk penjualan property
    saya masih bingung mau menggunakan metode pencarian apa untuk skripsi saya ini.mohon bantuan nya pak joni.
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    By Anonymous Anonymous, At December 11, 2007 at 7:25 PM  

  • Hai, Steve ...

    Yang anda kerjakan - intelligent agent untuk property, fokus utamanya kira2 apa? Apakah si intelligent agent ini bisa menemukan customer yang cocok dengan property dari sekian banyak database customer & property yang ada? Saya masih kurang jelas dengan pembahasan anda.

    Mengenai teknik pencarian, banyak teknik pencarian dalam AI yang bisa digunakan, Depth First Search, Breadth First Search, Heuristik, dll ... tapi semuanya tergantung pada kasus atau permasalahan yang dihadapi.

    By Blogger Joni Gozali, At December 14, 2007 at 11:39 AM  

  • pak joni yang terhormat saya ingin membuat skripsi tentang Case Base Reasoning (CBR) untuk kecerdasan Buatan , apa bapak punya judul atau kalo g kasus mengenai CBR ??, mohon bantuannya pak.

    By Blogger Yana, At December 21, 2007 at 1:38 PM  

  • Hai, Yana ... Maaf, telat banget balas posting anda karena saya keluar kota dalam beberapa minggu ini.

    Setahu saya, CBR adalah proses menyelesaikan atau mencari suatu solusi dari suatu permasalahan yang berdasarkan pada penyelesaian yang dilakukan sebelumnya terhadap masalah yang hampir sama.

    Saya pikir CBR ini mirip machine-learning, awalnya diperkenalkan terlebih dahulu ke beberapa problema & solusinya. Sesudah itu, aplikasi ini baru digunakan untuk menyelesaikan permasalahan lain yang serupa.

    Bagi saya, CBR ini masih relatif baru dan saya belum pernah mendalami topik ini. Oleh karenanya, saya tidak bisa membantu anda.

    By Blogger Joni Gozali, At January 5, 2008 at 4:16 PM  

  • This comment has been removed by a blog administrator.

    By Blogger fanioz, At January 7, 2008 at 7:03 PM  

  • Pak Joni yang baik hati,
    Saya sudah terima atachment anda tentang topik skripsi. Kemudian saya tertarik untuk mengembangkan tentang Game Multiplayer LAN. Saya akan mengembangkan agar game tersebut bisa dimainkan di hp secara client-serv menggunakan koneksi bluetooth. Saya memerlukan alur logika maupun referensinya dari anda, sedangkan implementasi akan saya kembangkan sendiri karena menggunakan bahasa java2

    Thanks B4

    By Anonymous Anonymous, At January 8, 2008 at 12:41 PM  

  • Hello, fanio zilla .... Dalam bulan ini (Jan 2008), saya akan segera membuka penawaran untuk referensi skripsi, termasuk game multiplayer tsb. Dapatkan source code lengkap + teorinya dengan harga yang terjangkau dan terbatas untuk beberapa orang saja. Silahkan tunggu saja kabar dari penawaran ini :)

    By Blogger Joni Gozali, At January 8, 2008 at 12:44 PM  

  • alo pak joni...saya budi.
    saya sudah mulai membuat skripsi
    trus saya tertarik dengan
    pengenalan gelombang audio untuk mengetahui chord atau kunci pada sebuah lagu menggunakan logika fuuzy.
    ada referensinya ga...minta dong

    By Anonymous Anonymous, At January 22, 2008 at 4:57 PM  

  • Hello, Budi ... Awalnya, saya mengenal Logika Fuzzy (Logic Fuzzy) dari mata kuliah Pengolahan Citra. Salah satu aplikasinya, adalah segmentasi citra, yaitu: pembagian citra menjadi beberapa bagian berdasarkan warna gambar. Dalam kasus tersebut, logika fuzzy digunakan untuk mengenal warna setiap piksel pada gambar dan dikelompokkan berdasarkan range dari nilai warna piksel tersebut.

    Dalam kasus anda (pengenalan audio), berarti yang menjadi input / perbandingan bagi logika fuzzy adalah frekuensi suara ya? Yang cukup membingungkan adalah bagaimana ya anda mengambil frekuensi suara per detik (atau bahkan mili detik) dari sebuah lagu? Saya kurang mengerti technical programming-nya bagaimana, tetapi saya pikir topik ini boleh dicoba. Mengenai referensi, saya tidak punya. Maaf, tidak bisa membantu anda. Coba anda google sendiri ... Hope u'll find it :)

    By Blogger Joni Gozali, At January 23, 2008 at 12:10 AM  

  • This comment has been removed by a blog administrator.

    By Anonymous Anonymous, At February 4, 2008 at 9:18 AM  

  • Hello, Bill. Untuk data-mining, saya tidak punya referensinya. Maaf, saya tidak bisa membantu.

    By Blogger Joni Gozali, At February 5, 2008 at 12:59 PM  

  • halo pak joni,,,salam kenal..
    saya mursalim mahasiswa tingkat akhir yg lg mw nyusun TA ttg Sistem pakar pke VB..sy sdh pernah menerima topik skripsi dari bapak...
    boleh minta tolong pak? klo bapak punya dan berkenan membagi ilmunya,saya minta source code prototype sistem pakar pake VB dan koneksinya dgn database access beserta penjelasannya. yang sederhana aja pak,nanti saya kembangkan sendiri..
    klo bapak berkenan membantu,mohon dikirim ke email alie**.*****@gmail.com
    atas bantuannya saya ucapkan banyak terimakasih pak...semoga Allah membalas budi baik bapak..

    By Anonymous Anonymous, At February 18, 2008 at 9:24 PM  

  • Hai, Mursalim. Mengenai sistem pakar dengan VB, jujur - saya belum pernah membuatnya sebelumnya. Tapi saya punya referensi pembuatan sistem pakar dengan menggunakan bahasa prolog. Anda bisa menghubungi saya melalui email, bila anda menginginkannya.

    By Blogger Joni Gozali, At February 18, 2008 at 9:31 PM  

  • Pak Joni, saya sedang membuat skripsi "pemilihan gerabah dengan metode heuristik memakai VB". saya bingung dengan proses heuristiknya..mohon bantuannya..
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih...

    By Blogger sisca, At February 22, 2008 at 8:15 PM  

  • Hai, Sisca. Saya kurang mengerti mengenai permasalahan yang anda angkat (pemilihan gerabah). Input variabel yang harus diperhitungkan itu apa saja, output-prosesnya harus bagaimana. Apakah ada rule (aturan2 tertentu) di dalam permasalahan anda? Heuristik sendiri adalah pencarian terbimbing, biasanya digunakan karena lebih cepat dari metode pencarian buta yang ada di dalam AI. Coba anda terangkan lebih detil mengenai permasalahan ini. Untuk diskusi & tukar pikiran, anda boleh menghubungi saya langsung di email.

    By Blogger Joni Gozali, At February 22, 2008 at 9:32 PM  

  • halo..
    saya sangat tertarik dengan kasus water jug.. bisakah anda terangkan logika dari kasus tsb dengan metode pencarian IDS dan saya ingin membangun program visualnya..Mungkin bpk bisa memberi tahu sya referensinya..sbelumnya saya ucapkan trims..

    By Blogger abdee, At February 24, 2008 at 7:53 PM  

  • Saya belum pernah mempelajari metode pencarian IDS. Water-Jug sendiri adalah permasalahan klasik dalam AI. Untuk bahan bacaan, silahkan anda google sendiri di internet.

    By Blogger Joni Gozali, At February 24, 2008 at 10:08 PM  

  • pak saya tidak sedang skripsi, namun saya sedang mengambil mata kuliah AI, dan saya mendapatkan tugas membuat aplikasi atau game water jug menggunakan A star, nah saya masih binung pak, karena referensi yang saya dapatkan berbeda-beda, saya bingung untuk menentukan faktor heuristicnya dan aturan2 dalam water jug, karena ada yang boleh airnya di buang ada yang tidak...saya mohon pencerahannya pak. terima kasih

    By Anonymous Anonymous, At March 6, 2008 at 3:30 PM  

  • halo, pak joni...
    saya kebetulan sedang mengerjakan skripsi tentang perbandingan beberapa algoritma kriptografi.Tapi saya sedang bingung karena saya harus membandingkan kecepatan algoritma2 tersebut dari waktu yang digunakan.Saya memakai VB, yang saya mau tanyakan untuk source code timer tsb,gmn ya???krn sampai hr ini saya belum saya temukan.
    Atau kalo bapak ada saran untuk sistem perbandingannya???
    thx, elvi

    By Anonymous Anonymous, At March 6, 2008 at 5:55 PM  

  • u/ Ninoy:
    Hai, Ninoy. Dalam permasalahan water jug, ada 6 action yang dapat kita lakukan (untuk kasus dengan jumlah jug = 2), yaitu:
    1. Kosongkan Jug-1
    2. Kosongkan Jug-2
    3. Tuang isi Jug-1 ke Jug-2
    4. Tuang isi Jug-2 ke Jug-1
    5. Isi Jug-1 sampai penuh
    6. Isi Jug-2 sampai penuh

    Beberapa waktu lalu, saya sempat membuat program dari permasalahan water-jug ini. Namun, teknik pencarian yang saya gunakan adalah pencarian melebar pertama (Breadth First Search / BFS) dan pencarian mendalam pertama (Depth First Search / DFS). Mengenai pencarian A star, saya sendiri belum pernah mencoba membuat aplikasi menggunakan teknik pencarian ini. Tetapi, dari penuturan anda, sepertinya A star memiliki sifat heuristik ya? Bila iya, makan pencarian ini akan mendapatkan solusi lebih cepat. Namun, perlu diingat bahwa pencarian heuristik belum tentu akan menghasilkan solusi yang optimal.

    u/ Anonymous:
    Hai ... Anda seharusnya posting di bagian topik 'Kriptografi', tapi gpp dh ... it's ok :) Untuk mendapatkan waktu eksekusi dari suatu algoritma kriptografi, anda bisa menggunakan syntax 'timer' untuk menangkap jumlah detik hingga saat ini. Singkatnya, yang perlu anda lakukan adalah seperti ini:
    1. Sebelum source-code masuk ke prosedur kriptografi, gunakan timer u/ menangkap waktu saat ini. Misalnya: A = Timer
    2. Satu baris di bawah prosedur kriptografi, tambahkan timer u/ menangkap waktu setelah prosedur kriptografi dieksekusi. Cth: B = Timer
    3. Hitung waktu eksekusi secara real time. Selisih = A - B (dalam satuan detik). Ingat untuk mendeklarasikan variabel 'Selisih' dalam bentuk Double, karena besar kemungkinan anda akan mendapatkan waktu eksekusi dalam satuan mili detik.

    Sekian informasi dari saya.

    By Blogger Joni Gozali, At March 7, 2008 at 10:35 AM  

  • halo pak joni!! saya mahasiswa sistem informasi yg sedang bingung mencari judul ta pak!! saya tertarik dengan judul yg diberikan sama dosen saya pak!! judulnya Penentuan menu catering pesta, tapi saya bingung dengan metodenya pak, mungin bapak bisa bantu saya!! terima kasih banyak pak. wass

    By Anonymous Anonymous, At March 15, 2008 at 9:18 PM  

  • Hai, Anonymous ... Anda mengambil jurusan SI kan? Kq bisa lari ke topik AI ya? hehe. Penjelasan mengenai topik anda masih kurang detil bagi saya. Dalam topik ini (Penentuan Menu Catering), masalah apa yang akan diselesaikan dengan metode AI? Kira2, input dan output-nya apa? Apakah menu catering akan disusun secara otomatis sesuai dengan rule yang telah disediakan? Mengenai metode AI, banyak metode yang bisa digunakan untuk mencari solusi dari suatu permasalahan.

    Nb: O ya, kalau bisa tolong cantumkan nama (minimal nick-name) anda di blog ini, supaya saya tahu saya sedang berkomunikasi dengan anda.

    By Blogger Joni Gozali, At March 16, 2008 at 2:35 PM  

  • ass.siang pak joni...
    saya riskiyah, saya sudah mengirim konfirmasi email ke anda.sebenarnya saya sudah semester akhir tapi saya belum mengambil tugas akhir karna saya bingung mau ngambil topik apa?saya mohon bantuan dari bapak agar saya dapat menemukan gambaran tentang TA saya...terimaksih sebelumnya

    By Blogger Risky, At March 18, 2008 at 12:36 PM  

  • Hai, Risky. Setelah anda klik link email konfirmasi dan sukses, maka anda akan menerima file pdf berisi judul skripsi TI secara gratis. Silahkan baca dan pelajari topik-topik tersebut. Semoga judul2 tersebut dapat memberikan inspirasi untuk anda.

    By Blogger Joni Gozali, At March 18, 2008 at 2:06 PM  

  • Halo Pak Joni,

    Perkenalkan nama saya Sulfa Papalia, Saya Mahasiswi Teknik Informatika. Saat ini saya sedang menyusun Tugas Akhir, topik yang saya bahas adalah Pemograman Game dengan MIDP 2.0 pada ponsel. Game yang saya ingin buat adalah Game Sport ( Game Voly Pantai ) dengan menggunakan bahasa pemograman Java.
    Saya Mohon petunjuk bapak untuk pembuatan game Voly pantai, tentang AI ( Artifial Intellegencia ) yang harus saya gunakan.

    Sebelumnya saya sudah diskusikan dengan beberapa teman saya, tapi mereka juga kebingungan, untung saja saat saya search di goolge saya menemukan blog bapak ini.
    Senang sekali rasanya. Saya harap bapak bisa membantu saya,
    Saya juga menunggu referensi judul /topik skripsi dari bapak.
    fyi, dua hari yang lalu saya menerima email konfirmasi dari bapak tentang referensi Skipsi bagian 1, tapi tidak disertai attach file nya? mohon penjelasannya. terimakasih.

    salam
    Sulfa

    By Anonymous Anonymous, At March 24, 2008 at 7:54 AM  

  • Hai, Sulfa. Topik game volley ini sudah disetujui sebagai topik skripsi anda? Mengenai metode AI yang harus digunakan, saya pikir tidak perlu menggunakan metode baku (text-book), karena metode baku hanya digunakan untuk pencarian solusi dari suatu permasalahan. Sedangkan, permainan volley pantai ini, anda cukup mengatur bagaimana agar komputer dapat mengembalikan bola yang dipukul player, sesuai dengan level komputer yang dipilih. Menurut saya, game ini ketika dimainkan, cukup simple, tapi tidak mudah dibuat (karena anda harus pintar menggambar piksel/design tampilan dari game). Saya sendiri tidak menguasai Java.

    Mengenai attach file, memang engine saya sedang bermasalah. Coba anda masukkan email anda yang lain (lebih baik pakai account gmail).

    By Blogger Joni Gozali, At March 24, 2008 at 3:14 PM  

  • halo, pak joni, sekarang saya sedang mengerjakan tugas akhir tentang Optical Character Recognition menggunakan Backpropagation.Objeknya adalah hasil scan majalah. sekarang ini saya sedang kesulitan membedakan gambar dan tulisan pada hasil scan.Biasanya majalah ada gambarnya trus dibawahnya tulisannya. Saya bingung bagaimana melakukan segmentasinya untuk mengambil tulisan tersebut. Pak joni punya code untuk segmentasi?
    Saya mohon bantunnya ya pak, karena sebentar lagi tugas akhir saya harus dikumpulkan.
    Terima Kasih...

    By Anonymous Anonymous, At April 4, 2008 at 3:11 PM  

  • Berarti permasalahan anda adalah pada segmentasi citra. Untuk pengolahan citra, saya sendiri tidak pernah membuat programnya sendiri. Kebanyakan diberikan dosen atau teman saya, sewaktu kuliah di mata kuliah Pengolahan Citra dulu. Nanti, coba saya cari di komputer saya yang lama, mengenai segmentasi citra ini. Mudah2an ada source-code-nya.

    By Blogger Joni Gozali, At April 5, 2008 at 9:11 AM  

  • malam pak gozali.

    saya mahasiswa semester 6 - D4. dan sekarang saya sudah di tagih prototype dan judul TA ;D

    saya pengen mengangkat mengenai sistem bisnis cerdas. masih terlalu abstrak memang, dan belum menemukan konsep dan studi kasus yang jelas. mungkin bapak punya konsepnya? atau bahkan punya referensi kasus dan source nya?

    thanks in advance

    R

    By Anonymous Anonymous, At April 20, 2008 at 9:01 PM  

  • Hai, Jonathan. Saya belum pernah mengerjakan aplikasi bisnis cerdas, sehingga saya juga tidak mempunyai referensi atas aplikasi ini. O ya, anda juga bisa menghubungi saya melalui email untuk diskusi lebih lanjut.

    By Blogger Joni Gozali, At April 22, 2008 at 12:44 AM  

  • Pak Joni, punya source code Backpropagation Neural Network dengan bahasa VB.Net?
    Punya saya masih salah dan sulit untuk saya gabungkan dengan program OCR saya.
    Terima kasih ya Pak.

    By Anonymous Anonymous, At April 29, 2008 at 9:38 AM  

  • Hai, anonymous. Saya sudah membalas email anda barusan.

    By Blogger Joni Gozali, At April 30, 2008 at 9:30 AM  

  • halo, pak joni.. saya sedang ambil tugas akhir mengenai sistem pakar untuk menentukan obat2 tradisional berdasarkan penyakit yg di derita oleh pasien. Hal - hal yg perlu saya siapkan kira2 apa saja pak?? thx

    syah.

    By Anonymous Anonymous, At May 9, 2008 at 10:47 PM  

  • Hai, Anonymous. Sudah menjadi hal yang umum, bahwa knowledge base (basis pengetahuan) merupakan inti dari sistem pakar. Komplit atau tidaknya basis pengetahuan menentukan kualitas aplikasi sistem pakar yang akan dibuat. Basis pengetahuan, berisi pertanyaan2 yang akan dijawab YA/TIDAK oleh user. Dari jawaban2 ini, user kemudian diarahkan ke pertanyaan2 lain, hingga kemudian didapatkan sebuah kesimpulan.

    Yang perlu anda siapkan adalah semua gejala2 penyakit yang dialami pasien dan kaitannya dengan penyakit serta obat-obat tradisional yang dibutuhkan.

    By Blogger Joni Gozali, At May 10, 2008 at 8:47 AM  

  • judul yg bgs
    jk qt kp d depsos
    tlg y
    thnks

    By Blogger jaya, At May 22, 2008 at 9:46 AM  

  • Hai, jaya...

    Jurusan anda, TI atau SI? Kalau TI, anda bisa mengamati dan membahas jaringan yang dibangun dalam kantor depsos. Sedangkan untuk SI, anda bisa mengamati proses administrasi yang terjadi, dan membuat rancangan prototype program untuk melakukan proses administrasi tersebut.

    Maaf, baru balas posting anda sekarang, karena baru balik dari luar kota.

    By Blogger Joni Gozali, At May 24, 2008 at 8:39 AM  

  • selamat malam pak joni...
    apakah bapak mempunyai topik tentang sistem pakar yg menggunakan metode forward dan backward dalam 1 aplikasi yang berbasis web dgn menggunakan asp???
    Barangkali bapak bisa membantu saya.Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

    By Blogger mE ulphe, At May 30, 2008 at 12:29 AM  

  • Malam, Ulfa ...
    Saya tidak punya referensi skripsi seperti yang anda inginkan.

    O ya, anda buat pakai web ASP? Seharusnya Sistem Pakar cukup dibuat dengan menggunakan aplikasi windows, lebih mudah dan tidak akan mengurangi fungsi dari sistem pakar itu sendiri.

    By Blogger Joni Gozali, At May 30, 2008 at 11:20 PM  

  • halo pak...
    saya masih bingunb mau ambil topik apa utk skripsi,tp rencananya saya akan ambil segmentasi!!
    apa bapak punya saran menggunakan metode apa?
    dan kalau bisa sekalian dgn referensi dan souce codenya...makasih

    By Blogger Unknown, At July 7, 2008 at 10:34 PM  

  • Hai, Anto. Segmentasi Citra dengan Edge Detection mempunyai banyak metode untuk diterapkan. Anda tinggal pilih metode yang anda kuasai dan diangkat menjadi topik skripsi (sesuai dengan persetujuan dosen anda tentunya).

    By Blogger Joni Gozali, At July 8, 2008 at 7:12 AM  

  • salam pak joni,
    sy mau buat TA untuk Tek.Inf. minta bantuan bapak kira2 masalah apa yg bs diangkat yg berkaitan dengan dunia advertising?
    sy baca comment bpk sblmnya mengenai mengenal Logika Fuzzy (Logic Fuzzy). Salah satu aplikasinya, adalah segmentasi citra, yaitu: pembagian citra menjadi beberapa bagian berdasarkan warna gambar. Dalam kasus tersebut, logika fuzzy digunakan untuk mengenal warna setiap piksel pada gambar dan dikelompokkan berdasarkan range dari nilai warna piksel tersebut. Saya tertarik pak, kbetulan sy bkerja d design grafis. Tp saya blm mengerti soal logika fuzzy mohon referensi dan pencerahannya pak.
    terima kasih.
    salam...

    By Blogger Unknown, At July 18, 2008 at 3:54 PM  

  • Hai, Nunung. Pada segmentasi citra, setiap piksel diperiksa warna RGB-nya berdasarkan metode yang digunakan. Bila selisih warna dengan piksel di semua sisinya sangat besar, maka metode akan menganggap ini sebagai edge / bagian sisi dari suatu gambar dan diberikan warna yang baru. Masing2 metode/operator dalam segmentasi citra memiliki keunggulan dan kelemahan masing2.

    By Blogger Joni Gozali, At July 19, 2008 at 8:02 AM  

  • SALAM KENAL,,.pagi menjelang siang pak joni.G
    SAYA mahasiswa tingkat 7 di bekasi, saya KKP diPEMKAB BEKASI.mohon bantuannya pak tentang judul Skripsi yang pingin saya buat tenteng AI, KiRA2 Knowladge apa aja yang diperlukan pak?
    thank bangettt ya pak joni. G

    By Blogger fachru, At July 21, 2008 at 9:26 AM  

  • Hai, Fachru. Untuk AI, anda bisa baca-baca buku AI yang tersedia di Gramedia. Beberapa konsep AI yang dapat dijadikan skripsi adalah pohon pencarian (BFS dan DFS), pencarian heuristik dan sistem pakar.

    By Blogger Joni Gozali, At July 21, 2008 at 11:29 AM  

  • Halo pak Joni, saya mau tanya , pak joni punya source code Backpropagation dengan menggunakan bahasa VB.Net?
    Saat ini saya sedang mengerjakan TA tentang OCR dengan menggunakan Backpropagation. Tapi hasil testing saya masih salah.masih belum bisa mengenal huruf-huruf dengan benar.
    Saya mohon bantuannya.
    Terima Kasih..
    Eva

    By Anonymous Anonymous, At August 6, 2008 at 11:23 AM  

  • Hai, anonymous. Saya pernah mempelajari pengenalan karakter dengan backpropagation, tetapi saya belum pernah membuatnya, sehingga saya tidak memiliki source-codenya.

    Tetapi, saya pikir saya cukup mengerti mengenai backpropagation dan bisa membuat programnya. Anda juga bisa berdiskusi dengan saya di email.

    By Blogger Joni Gozali, At August 7, 2008 at 8:02 AM  

  • hi Pak Joni, sy mhsw yg sedang mengerjakan skripsi. Sy mengambil topik face detection.. jadi mungkin postingan ini agak salah alamat, krn memang ga ada topik digital image processing dalam site Bapak.
    Sy ingin menanyakan apakah Bapak memiliki referensi utk mendalami dunia digital image processing ini. Misal, alamat2 site dsb...
    Dan apakah Bapak menyediakan referensi utk topik2 semcm ini?

    Terima kasih banyak, Pak...

    By Anonymous Anonymous, At August 26, 2008 at 9:56 PM  

  • Hai, Dewi. Mengenai face detection, saya pernah pelajari dengan metode eugene faces. Tetapi metode ini tidak sempurna, karena memiliki banyak kelemahan seperti: faktor cahaya dan warna mempengaruhi hasil perbandingan (seharusnya tidak boleh mempengaruhi hasil perbandingan).

    Sayangnya, saya tidak punya referensi mengenai face detection.

    By Blogger Joni Gozali, At August 29, 2008 at 11:17 AM  

  • nama saya erys, semester depan saya akan mengambil TA. topik yang ingin saya ambil yaitu sistem pakar pendeteksi penyakit mata. menurut bapak metode apa yang sebaiknya saya gunakan? dan apakah topik ini sebelumnya sudah pernah digunakan sebagai judul TA?
    Satu lagi pak, boleh ga saya minta software expert system (eClips) dan tutorialnya skalian, karena sebelumnya saya belum pernah mempelajarinya dan tidak menemukannya di google!!
    trima kasih

    By Blogger Unknown, At September 9, 2008 at 11:54 AM  

  • halo pak joni, saya sedang mengerjakan TA dengan topik forward chaining. pertanyaan saya: dimanakah saya dapat mendapatkan referensi lengkap mengenai forward chaining?
    sebelumnnya saya ucapkan terima kasih.
    GBU
    ~elizabeth~

    By Anonymous Anonymous, At September 12, 2008 at 7:49 AM  

  • By Anonymous Anonymous, At September 18, 2008 at 9:35 AM  

  • halo, Pak Joni...

    saya sangat berterima kasih dengan adanya blog yang di buat oleh Bapak.

    saya sudah terima komfirmasi email dr bapak, tapi saya hanya mendapatkan referensi topik bagian 1.

    saya ingin membuat TA tentang Sistem Pakar tapi saya masih binggung dalam memilih judul skripsi dan metode apa yang harus digunakan?
    kiranya bapak bisa membantu saya agar saya mendapatkan pencerahan ^_^

    Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih banyak....

    By Blogger Indra, At October 9, 2008 at 9:57 AM  

  • halo, Pak Joni...

    saya sangat berterima kasih dengan adanya blog yang di buat oleh Bapak.

    saya sudah terima komfirmasi email dr bapak, tapi saya hanya mendapatkan referensi topik bagian 1.

    saya ingin membuat TA tentang Sistem Pakar tapi saya masih binggung dalam memilih judul skripsi dan metode apa yang harus digunakan?
    kiranya bapak bisa membantu saya agar saya mendapatkan pencerahan ^_^

    Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih banyak....

    By Blogger Indra, At October 9, 2008 at 10:01 AM  

  • Halo, Pak Joni....

    sebelumnya, saya ucapkan terima kasih karena Bapak sudah membuat blog ini sehingga saya dan teman2 bisa mendapatkan pencerahan dalam penulisan TA.

    saya sudah menerima konfirmasi email dr Bapak, tetapi saya baru menerima att bagian1

    saya mau membuat TA tentang sistem pakar, tetapi masalahnya saya masih binggung dalam mencari judul yang berkaitan dengan sistem pakar dan metode ato algoritma apa yang harus digunakan?

    saya harap Pak Joni berkenan membantu masalah yang saya hadapi ini....

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.....

    By Blogger Indra, At October 9, 2008 at 10:40 AM  

  • hallo Pak Joni...

    Saya Indra,
    saya sudah mendapat konfirmasi email dari bapak berikut dua file attachment.

    saya mengalami kesulitan dalam mencari judul TA yang berhubungan dengan jaringan syaraf tiruan, saya mohon bantuan Bapak... apakah Bapak punya usul untuk topik/judul TA saya?

    By Anonymous Anonymous, At October 9, 2008 at 9:48 PM  

  • halo pak joni..sekarang saya mau buat skripsi tentang Artificial Neural Network tapi saya masih pusing n kurang mengerti. Ini tentang pendeteksian suara tapi saya belum tau parameternya apa aja..Mohon bantuannya ya pak..
    terima kasih sebelumnya

    By Anonymous Anonymous, At October 25, 2008 at 5:06 PM  

  • slm knal kk joni..
    sy mhs D3 jur.managemen informatika, saya mau membuat game 3D untuk TA saya. saya ada bebrp prtnyan..
    1.apkh AI itu, apa sprt bhs.pemrog?
    2.Soft & bhs.pemrog apa saja yang dpt dignkan untk membuat game?
    3.bagaimana pnrapan AI dlm pmbuatn game?
    4.lbih mdh mana membuat game 3D atau 2D
    mohon bantuannya.. sebelumya saya ucapkan terima kasih
    zain..

    By Blogger zonaFB, At November 1, 2008 at 10:01 AM  

  • hay kak joni.. slm knal
    sy mhs D3 jur.MI ingin membuat game 3D untk TA saya.
    1. Sofware apa sj yg dgnakn?
    2. Apa AI itu, apa trmsk dlm B.Pemrog jg?
    3. bgmana pnrapn AI dlm membuat game?
    mhon bantuanya trims
    zain

    By Anonymous Anonymous, At November 4, 2008 at 10:40 AM  

  • halo,
    saya wulan. sekarang saya sedang menyusun skripsi tentang sistem pakar menggunakan vb. tapi saya ingin membuat SP dengan visual prolog. bisa beri contoh nya.

    By Anonymous Anonymous, At November 10, 2008 at 6:09 PM  

  • pak Joni
    Saya tertarik dengan topik AI untuk dijadikan topik tugas akhir. Saya ingin tanya: dimanakah saya bisa mendapatkan referensi topik mengenai AI?

    Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih ...

    By Anonymous Anonymous, At December 1, 2008 at 12:19 AM  

  • pak joni bisakah saya minta tolong contoh proposal laporan penelitian yg berhubungan dengan AI yg meliputi
    -latar belakang
    -tujuan penelitian
    -objek penelitian
    -batasan penelitian
    -landasan teori
    -metodologi penelitian
    -contoh perhitungan untuk menggambarkan penelitian



    thx

    By Anonymous Anonymous, At December 1, 2008 at 12:26 AM  

  • Salam kenal bpak joni, saya mau tanya tentang certainty factor. S saya masih belum tahu cara mencari nilai MB dan MD dari suatu gejala.
    Misal;
    Dari hasil survei terdapat 100 pasien yang mengalami penyakit diare
    diantaranya terdapat 98 pasien mengeluh gejala feses berlendir dan berdarah
    yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mencari nila MB da MD untuk gejala feses berlendir dan berdarah?
    saya sangat mengharapkan balasan coz. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih,.. Cpt bls ya pak...

    By Anonymous Anonymous, At February 9, 2009 at 10:06 AM  

  • Permisi, pak Joni ...

    Saya akan menjalani skripsi semester dpn. Saya mempunyai konsep judul, yaitu mengubah kalimat menjadi tulisan jawa (hanacaraka). tapi saya kesulitan mendapatkan metode atau algoritmanya.

    Mohon bantuannya, pak
    terima kasih.

    By Anonymous Anonymous, At March 8, 2009 at 9:33 PM  

  • Maaf, buat semua pengunjung blog ini, saya tidak sempat membalas semua pertanyaan anda di blog saya, karena kesibukan saya. Sebagian besar sudah menghubungi saya di email dan saya sudah balas. Untuk pertanyaan yang belum dibalas atau ada pertanyaan lain, bisa langsung didiskusikan di email saya: joni.gozali@gmail.

    By Blogger Joni Gozali, At March 17, 2009 at 11:23 AM  

  • saya sangat senang dengan AI ini, dapat membantu masyarakat yang cukup buta dengan Komputer, tapi judul apa yang bisa di angkat dengan ketentuan dapat menyentuh Kreatifitas masyarakat... tolong donk pak joni, saya lebih cenderung ke VB 6
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    By Blogger Unknown, At March 17, 2009 at 8:55 PM  

  • Iskandar, AI dapat dipadukan dalam pembuatan game, sehingga dapat menjadi lawan yang tangguh bagi pemain. Atau AI dapat diterapkan dalam penyelesaian beberapa game puzzle. Dengan penerapan AI ini, diharapkan masyarakat akan menjadi lebih cerdas dan kreatif.

    By Blogger Joni Gozali, At March 20, 2009 at 10:35 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home